VOKASI NEWS – Pengembangan desain User Interface (UI) landing page untuk product knowledge jasa sektormedia.
Mendapatkan pelanggan merupakan satu hal yang perlu dilakukan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Hal inilah yang mendorong pebisnis untuk memikirkan berbagai strategi untuk meluaskan pasar dan penjualan paling efektif, termasuk melalui situs web. Salah satu halaman pada website adalah landing page. Landing page dapat membantu bisnis di era digital ini untuk memperluas peluang pasar dan memberikan kemudahan bagi customer untuk mencari produk atau jasa yang diinginkan.
Sektormedia merupakan sebuah creative agency yang berdiri sejak Februari 2022. Sektormedia bergerak pada industri creative branding dan social media management sesuai yang dibutuhkan khalayak masyarakat sosial melalui berbagai media digital. Untuk produk jasa yang ditawarkan oleh Sektormedia adalah social media management untuk TikTok dan Instagram. Melayani kebutuhan konten dari social media untuk sebuah bisnis, Sektormedia memproduksi jasa kebutuhan konten yang diinginkan oleh client. Untuk memasarkan produk jasanya Sektormedia hanya menggunakan social media Instagram dan personal selling.
PENGERTIAN LANDING PAGE
Dalam pemasaran online dan bisnis diera digital, landing page dibutuhkan sebagai media pemasaran digital. Tujuannya untuk meluaskan pasar dan meningkatkan konversi penjualan. Landing page berisi sebuah halaman web yang muncul saat pengguna mengklik iklan PPC (Pay-Per Click) atau hasil link tujuan yang muncul dari mesin pencari. Pengertian Landing page sendiri adalah sebuah halaman tujuan, suatu halaman yang fokus menjelaskan suatu produk/jasa dengan lebih detail dan menarik. Landing page pada website fokus hanya pada satu tujuan, biasanya dilengkapi sales letter, foto dan video produk, penjelasan fitur, manfaat, serta berbagai keuntungan lainnya dari suatu produk.
PENGERTIAN USER INTERFACE (UI)
User interface adalah cara pengguna dan program untuk berinteraksi. Dengan demikian, desain antar muka (user interface) adalah seperangkat alat/elemen yang digunakan untuk memanipulasi objek digital. User interface dapat mengatur tampilan antarmuka penggunanya dan memfasilitasi interaksi antar pengguna dengan sistem. User interface merupakan mekanisme penerimaan informasi dari pengguna atau user dan memberikan sebuah informasi kembali pada pengguna. Tujuannya untuk membantu dalam mengarahkan alur penelusuran masalah sampai mendapat hasil penyelesaian. Peran desain user interface yang sangat penting menyebabkan interaksi antara audiens dengan aplikasi seluler menjadi sangat rentan rentan.
JENIS LANDING PAGE
Secara umum ada dua jenis landing page, yaitu sebagai berikut :
- Lead Generation Landing Page
Lead generation landing page berfungsi untuk mengumpulkan data calon pelanggan. Utamanya, data dalam bentuk nama dan alamat email. Kedua daa ini kemudian akan disimpan dan dipakai bisnis untuk merawat hubungan dengan calon pelanggan.
- Click-Through Landing Page
Biasanya dipakai dalam e-commerce atau model marketing B2C. Halaman yang ditampilkan biasanya hanya membuat satu tombol sederhana, tombol tersebut sering membuat tulisan semacam “pilih sekarang”, “beli sekarang”, “shop now” dan sebagainya. Halaman macam ini menggiring pengunjung untuk segera melakukan pembelian di website
MANFAAT UTAMA LANDING PAGE
- Memudahkan konsumen untuk membangun pengalaman pertama dengan impresi yang baik, seperti melihat berbagai produk yang menarik sehingga 16 konsumen menjadi tertarik untuk melakukan tindakan, seperti pembelian, pendaftaran, atau pengunduhan.
- Bisa mendapatkan data leads konsumen seperti nama, alamat email, nomor telepon, hingga akun media sosial.
- Mempromosikan produk secara langsung dalam satu halaman dan mampu menekan biaya promosi melalui press release atau iklan secara konvensional.
- Konten promosi produk lebih terarah dan langsung (direct). Oleh karena itu konsumen langsung diarahkan ke sebuah katalog untuk melangkah ke pembelian.
- Konten review pada landing page membangun kredibilitas produk untuk meyakinkan konsumen.
- Bisa trial and testing untuk desain, konten, dan CTA yang digunakan. 7. landing page mampu meningkatkan traffic pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu
PEMBUATAN DESAIN USER INTERFACE (UI) LANDING PAGE UNTUK PRODUCT KNOWLEDGE JASA SEKTORMEDIA
Pada tahap awal sebelum pembuatan desain user interface landing page terdapat hal yang harus ditentukan yaitu ide dan konsep. Pada tahap ini diawali dengan mencari referensi pada akun Instagram @sektormedia, dari akun Instagram tersebut bisa di tentukan ide dan konsep dengan colour palette yang akan digunakan pada desain user interface landing page Sektormedia.
Colour palette yang digunakan pada landing page ini adalah primary colors atau warna primer yaitu warna biru yang menggambarkan identitas Sektormedia dan warna dark neutral merupakan warna netral gelap yang akan digunakan dalam landing page Sektormedia. Selain itu warna biru memberikan kesan modern, profesional dan memberikan kepercayaan. Setelah pemilihan colour palette pemilihan font menjadi aspek yang penting agar membuat pengunjung pada landing page nyaman sehingga mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan pada 45 landing page.
Pemilihan font menjadi aspek penting dalam pembuatan desain karena font atau jenis huruf memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan dan informasi yang ada dalam landing page. Font montserrat dan font hind vadodara dipilih karena termasuk dalam satu jenis font yang sama yaitu san serif (font yang tidak memiliki sirip atau kaki-kaki) yang memiliki kesan modern dan netral sehingga mudah dan nyaman ketika dibaca.
BACA JUGA: Pengaruh Fintech Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Surabaya
Aperture adalah salah satu bagian yang identik pada kamera elemen tersebut dipilih karena Sektormedia menghasilkan visual untuk produk jasanya melalui kamera, dan aperture adalah bagian dari kamera. Sehingga dengan pemilihan elemen tersebut akan memunculkan karakteristik Sektormedia sebagai creative agency.
Proyek prototype desain user interface landing page pada produk jasa Sektormedia ini merupakan proyek yang penting untuk membantu bisnis di era digital untuk memperluas pasar dan meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan.
***
Penulis: Muhammad Nashrullah
Pembimbing: Maurisia Putri Permatasari
Editor: Fatikah Rachmadianty