Pengembangan Inovasi Perpustakaan dan Edukasi Literasi di Trimurti Senior High School oleh Mahasiswa FV UNAIR

VOKASI NEWS – Pelaksanaan edukasi literasi dan inovasi perpustakaan bagi siswa/i Trimurti Senior High School. 

Magang adalah program wajib dalam kurikulum semester 6 D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. Kegiatan ini merupakan bagian dari praktik kerja yang diselenggarakan secara terpadu di lapangan atau lingkungan kerja. Magang bertujuan untuk menerapkan keilmuan yang telah dipelajari dengan tujuan dapat memecahkan masalah yang terjadi di lapangan sesuai program studinya. 

Dua Orang Mahasiswa D3 Perpustakaan, Ilham Haqiqi Al Qorani dan Muhammad Faizal Ramadhani. Dalam kesempatan ini, kedua mahasiswa memperoleh kesempatan melakukan magang di Perpustakaan Trimurti Senior High School. Mahasiswa melaksanakan magang sejak 22 Januari 2024 hingga 3 Mei 2024. 

Inovasi Pengembangan Perpustakaan Trimurti Senior High School

Setelah melakukan survey dan mengenali permasalahan yang terjadi, Ilham dan Faizal merancang beberapa inovasi pada perpustakaan tersebut. Inovasi tersebut di antaranya, sistem otomasi web perpustakaan, pengolahan koleksi dan tata ruang perpustakaan. Selain itu juga terdapat inovasi website perpustakaan untuk memudahkan dalam publikasi informasi tentang perpustakaan.

Mahasiswa magang menginisiasi penggunaan InlisLite, sebuah layanan sistem otomasi dengan developer Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Penggunaan sistem otomasi web perpustakaan tersebut dapat mempermudah pengelolaan buku dan layanan perpustakaan. Salah satunya seperti layanan keanggotaan, bebas pustaka, dan sirkulasi. 

Lebih lanjut, kedua mahasiswa magang tersebut juga merancang SOP layanan sirkulasi mencakup peminjaman, pengembalian, dan baca di tempat. Disamping itu, mereka merancang SOP layanan keanggotaan untuk mendata anggota aktif perpustakaan serta mendata pengunjung secara online dan juga meminimalisir risiko kehilangan koleksi buku. 

Ilham dan juga Faizal tidak lupa juga merubah tata ruang dan renovasi perpustakaan dengan membuat desain terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan penerapan desain atau renovasi dengan memindahkan furniture yang ada di perpustakaan sehingga lebih tertata rapi dan membuat perpustakaan terkesan lebih luas.

Edukasi Literasi Untuk Siswa

Disamping inovasi pengembangan perpustakaan, Bagas dan tim juga melakukan kegiatan interaktif bersama siswa-siswi SMA Trimurti Surabaya. Kegiatan itu diinisiasi oleh pihak sekolah dan diberi nama “Literasi 1 Jam Pelajaran” yang dilaksanakan bergantian tiap kelas. 

Program ini dilaksanakan dengan siswa membaca selama kurang lebih 20 menit lalu dilanjutkan dengan siswa diminta membuat sinopsis dari buku yang telah dibaca yang tentunya pada setiap kelas memiliki tema pelajaran sendiri sehingga siswa tidak bosan dan bisa mempelajari 1 mata pelajaran dengan menggunakan sumber informasi yang berbeda-beda yang telah disediakan perpustakaan. 

Program literasi ini pun disinyalir dapat meningkatkan minat dan antusiasme siswa untuk berkunjung ke perpustakaan. Apalagi ditambahkan dengan inovasi tata ruang yang baru sehingga membuat perpustakaan menjadi lebih nyaman untuk berdiskusi, bersantai, dan mengerjakan tugas hal tersebut dibuktikan dari meningkatnya frekuensi kunjungan ke perpustakaan. Dengan adanya kegiatan magang ini, mahasiswa berharap agar semua kegiatan yang dilakukan dapat memberikan dampak positif. Selain itu juga dapat menjadi kegiatan yang sustainable dan dapat terus dilanjutkan oleh pihak sekolah.

BACA JUGA: Penyusunan SOP Pengolahan : Kegiatan Magang Mahasiswa D-III Perpustakaan UNAIR di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

***

Penulis: Ilham Haqiqi Alqorani & Muhammad Faizal Ramadhani

Editor: Puspa Anggun Pertiwi