VOKASI UNAIR

Pengimplementasian Poin SDGs di Plumbon, HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Gelar Kegiatan RENOGRAM 2022

Optimization of SDGs in Plumbon : Growth with Good Health and Well-being, Towards Independent Village No Poverty

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi mengadakan program kerja pengabdian masyarakat RENOGRAM 2022. Kegiatan RENOGRAM 2022 ini merupakan bentuk pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat di suatu desa dengan mengimplementasikan poin SDGs. RENOGRAM 2022 mengusung tema Optimization of SDGs in Plumbon : Growth with Good Health and Well-being, Towards Independent Village No Poverty dengan menggandeng Desa Plumbon, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo sebagai desa mitra.

Kegiatan RENOGRAM 2022 dilaksanakan selama dua hari pada hari sabtu dan minggu, 23 – 24 Juli 2022. Pada hari pertama yaitu sabtu, 23 Juli 2022 dilaksanakan pembukaan kegiatan RENOGRAM 2022 yang dihadiri oleh Pembina HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan, Ibu Amillia Kartika Sari, S.Tr,Kes. M.T., Kepala Desa Plumbon Bapak Drs. H.  Makhrus Minas Suhudi, S.E, M.M,  dan anggota Karang Taruna Desa Plumbon. Sesi pembukaan ditutup dengan penyerahan plakat oleh Pembina HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan, Ibu Amillia Kartika Sari, S.Tr,Kes. M.T. kepada Kepala Desa Plumbon Bapak Drs. H.  Makhrus Minas Suhudi, S.E, M.M. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan utama RENOGRAM 2022 yaitu penyuluhan dan pelatihan digital marketing dengan pemateri dari Agensi Konstelasi Visi yang beranggotakan empat orang yaitu Syaidina Hamza Arifin, Arvian Raynardhy, Priyohadi, dan Zinedine Zidane Syahrani. Penyuluhan digital marketing ini memaparkan mengenai pengertian digital marketing, esensi digital marketing, tips dan trik pemanfaatan digital marketing yang out of the box, langkah-langkah pemanfaatan digital marketing, dan website development. Kemudian, kegiatan dilanjutkan pada sore hari dengan agenda pembuatan lubang untuk penghijauan yang dilakukan oleh panitia, dilanjut pada malam hari dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan mengenai cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar. Kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut diikuti oleh anak-anak usia SD yang berada di sekitar balai desa.

Pada hari kedua yaitu tepatnya minggu, 24 Juli 2022 dilaksanakan penghijauan di sekitar kolam pancing BUMDes Plumbon. Penyerahan bibit pertama dilakukan oleh Ketua Pelaksana RENOGRAM 2022 kepada Kepala Desa Plumbon. Selanjutnya penanaman bibit dipimpin oleh Kepala Desa Plumbon diikuti oleh Ketua Pelaksana RENOGRAM 2022 dilanjut oleh seluruh panitia yang bertugas dalam penghijauan. Kegiatan penghijauan juga berbarengan dengan kegiatan bazar murah yang diadakan di balai desa diikuti oleh seluruh warga Desa Plumbon dengan cara menukarkan kupon yang telah dibagikan panitia pada sore hari Sabtu, 23 Juli 2022. Kupon tersebut dibagikan berdasarkan jumlah rumah yang terbagi dalam 3 RT. Bazar murah merupakan kegiatan penjualan sembako dengan harga di bawah pasar yang berisi 1 Kg beras, 1 Kg gula, dan 1 Lt minyak goreng. Paket sembako tersebut dibandrol dengan harga Rp 25.000,-. Kemudian setelah acara penghijauan dan bazar murah selesai, dilanjut kegiatan sarapan bersama diikuti oleh seluruh panitia dan anggota Karang Taruna Desa Plumbon yang terlibat dalam penghijauan. Dalam kegiatan sarapan bersama tersebut juga terselip obrolan ringan sebagai bentuk pengakraban antar anggota Karang Taruna dengan seluruh panitia RENOGRAM 2022 berupa penyampaian kesan dan pesan selama dua hari pelaksanaan RENOGRAM 2022 di Desa Plumbon. Kegiatan sarapan bersama sekaligus obrolan ringan tersebut juga menjadi kegiatan penutup RENOGRAM 2022.

“Harapannya selama dua hari kegiatan RENOGRAM 2022 tersebut seluruh pihak yang terlibat mendapat banyak pengalaman baru sekaligus ilmu yang bermanfaat terutama penyuluhan digital marketing yang diikuti oleh Karang Taruna Desa Plumbon sehingga dapat mem-branding Desa Plumbon menjadi desa yang lebih baik dan mandiri melalui BUMDes yang baru saja dirintis. Selain itu, harapan seluruh panitia adalah kerja sama yang telah terjalin tidak terputus hanya pada kegiatan RENOGRAM 2022 saja, tetapi berlanjut hingga kegiatan-kegiatan lainnya terutama dalam bidang pengabdian masyarakat dan Desa Plumbon dapat menjadi desa binaan HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan” – Ujar Ketua Pelaksana RENOGRAM 2022, Navila Azka Salsabila.

Secercah harapan juga ditambahkan oleh Ketua Panitia RENOGRAM 2022, Amrina Rosyada AJ yaitu “hakikatnya, kita semua adalah makhluk sosial, dimana saling membutuhkan satu sama lain. sehingga, melalui kegiatan RENOGRAM 2022 ini, semoga dapat menumbuhkan jiwa kepedulian sosial dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar dari masing-masing panitia maupun warga desa mitra. Serta panitia RENOGRAM 2022 dapat lebih mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pengabdian masyarakat dan Poin SDGs pada kegiatan-kegiatan lainnya.”

Penulis : Navila Azka Salsabilla

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori