Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39
Pentingnya Promosi Penjualan dalam Meningkatkan Partisipasi Pelanggan Eat, Shop, and Fly - Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Pentingnya Promosi Penjualan dalam Meningkatkan Partisipasi Pelanggan Eat, Shop, and Fly


Warning: Trying to access array offset on false in /home/vokasi.unair.ac.id/public_html/wp-content/plugins/elementor-pro/modules/dynamic-tags/tags/post-featured-image.php on line 39

VOKASI NEWS – Mengetahui sistem promosi penjualan yang efektif bagi program Eat, Shop, and Fly dalam membantu pelanggan menikmati kuliner, belanja, dan perjalanan dengan mudah.

Pelanggan memiliki peran penting dan merupakan elemen vital dalam roda bisnis perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengelola aset ini agar menjadi sesuatu yang menguntungkan. Keberhasilan dan kelangsungan hidup perusahaan sangat bergantung pada kemampuannya untuk menarik, memuaskan, dan mempertahankan pelanggan.

Jika perusahaan berhasil membangun dan memelihara hubungan jangka panjang serta meningkatkan loyalitas pelanggan, hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri. Sebaliknya, ketidakmampuan untuk melaksanakan tugas tersebut dapat berakibat kerugian, mengingat pelanggan adalah salah satu sumber pendapatan utama bagi perusahaan.

Salah satu strategi yang efektif adalah menciptakan program loyalitas yang dirancang khusus untuk mengapresiasi pelanggan. Program ini bertujuan untuk membangun loyalitas dan mempertahankan hubungan positif antara perusahaan dan pelanggan. Dengan demikian, program loyalitas menjadi salah satu bentuk promosi penjualan yang bertujuan untuk mendapatkan serta meningkatkan partisipasi pelanggan. Taktik promosi penjualan ini sangat berperan penting dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Promosi penjualan, juga dikenal sebagai sales promotion, adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk dalam jangka waktu tertentu. Yang memiliki fungsi untuk Meningkatkan penjualan dan pembelian produk dalam jangka waktu tertentu, memperkuat posisi merek di mata calon konsumen, dan membuat perusahaan tetap kompetitif dan dipilih terus oleh konsumen.

Bentuk Promosi Penjualan Eat, Shop, and Fly

Terdapat berbagai bentuk promosi penjualan yang membedakan satu dengan lainya. Contohnya yaitu konsep dari promosi penjualan tersebut. Konsep ini harus dibuat mengikuti perkembangan pasar. Ketika satu ide pernah dan sering digunakan oleh kompetitor, maka sangat disarankan untuk menemukan ide segar lain atau memodifikasinya. Berikut ini adalah beberapa contoh ide promosi penjualan yang paling efektif dan patut dicoba.

  1. Diskon Harga: menawarkan diskon harga dapat menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan produk.
  2. Kupon: memberikan kupon berhadiah atau diskon dapat meningkatkan penjualan dan memperkuat posisi merek di mata konsumen.
  3. Hadiah: memberikan hadiah kepada pelanggan yang membeli produk dapat meningkatkan loyalitas dan memperkuat citra merek.
  4. Voucher: memberikan voucher sebagai hadiah dapat meningkatkan penjualan dan memperkuat citra merek.
  5. Kuis Berhadiah: melakukan kuis berhadiah melalui media sosial dapat menarik lebih banyak audiens dan meningkatkan penjualan produk.
  6. Potongan untuk Member : memberikan potongan harga kepada pelanggan setia melalui program loyalitas dapat meningkatkan penjualan karena pelanggan akan tertarik untuk mencoba produk baru.
  7. Sampel Produk: memberikan sampel produk dapat meningkatkan penjualan dan memperkenalkan produk baru kepada pasar.
  8. Kontes: mengadakan kontes atau kompetisi dapat menarik lebih banyak audiens dan meningkatkan penjualan produk.
  9. Event atau Iklan Produk: mengadakan event atau membuat iklan produk dapat meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  10. Caption yang Menarik: membuat caption yang menarik di media sosial dapat meningkatkan engagement dan penjualan produk.

Apa saja Strategi yang Sudah diterapkan oleh Eat, Shop, and Fly?

PT. Angkasa Pura I sudah menerapkan beberapa promosi penjualannya untuk meningkatkan partisipasi pelanggan terhadap loyalty program mereka yaitu Eat, Shop, and Fly. Berikut adalah beberapa contoh promosi penjualan yang dilakukan.

  1. Melakukan promosi secara tradisional: promosi secara tradisional dengan menempatkan flyer dan booth information di area bandara, memasang billboard dan promosi secara lisan. 
  2. Melakukan promosi melalui media digital : sedangkan promosi melalui media digital seperti menggunakan platform media sosial facebook Instagram dan Twitter, dengan mengunggah IG Story dan melakukan Giveaway.
  3. Memberikan hadiah yang bervariasi dan menarik guna menarik pelanggan agar ikut berpartisipasi pada loyalty program ini.

BACA JUGA: Mengenal Profil Bakteri dan Sensitivitas Antibiotik Pada Pemeriksaan Kultur Pus

***

Penulis: Naufal Al Fauzan

Editor: Puspa Anggun Pertiwi