Penuhi Tugas UAS : Mahasiswa Vokasi D-III Perpustakaan Gelar Pameran Produk Bisnis Informasi

VOKASI NEWS – Penuhi tugas UAS Mahasiswa D3 Perpustakaan menggelar pameran produk bisnis informasi.

Dalam rangka penuhi tugas UAS, mahasiswa Prodi D3 Perpustakaan adakan kegiatan menarik.

Ujian Akhir Semester atau UAS merupakan salah satu variabel sebagai tolak ukur mahasiswa.

Tolok ukur untuk mengetahui kemampuan menyerap ilmu yang diajarkan 1 semester.

Dosen mata kuliah Perencanaan Bisnis Informasi, memberikan tugas kepada mahasiswa.

Tugas tersebut berupa pembuatan ide  produk bisnis informasi dan implementasi.

Bagi para mahasiswa, tugas ini cukup berat.

Alasannya karena bukan suatu hal yang mudah untuk membuat sebuah ide bisnis yang menarik di bidang informasi.

Apalagi di era sekarang yang sudah banyak dijumpai berbagai bisnis kreatif.

Mahasiswa juga diminta untuk membuat artikel populer yang dapat dimuat di media massa. Waktu yang diberikan juga menurut mahasiswa tidak terlalu lama, hanya satu setengah bulan.

 

Ide Kreatif Mahasiswa

Mahasiswa optimis dan semangat, terbukti dari ide-ide yang mereka demonstrasikan.

Demo ini diikuti seluruh mahasiswa yang terdiri dari 5 kelompok kelas TP-1.

Selain itu, ada 7 kelompok dari kelas TP-2.

Masing-masing kelompok berisi 6 hingga 7 mahasiswa.

Produk yang mereka tawarkan sangat beragam.

Diantaranya ialah FLX Media (Digital Marketing), Omah Nawasena (Bimbingan Belajar).

ACR (Academy Course Rent), dan Nadeleine Printing (Bisnis percetakan).

Adapun hal yang menarik perhatian adalah produk ZLB (Zero Language Barriers).

Produk tersebut bergerak pada bidang jasa translating dan proofreading.

Layanan translating mencakup berbagai jenis dokumen.

Seperti essay, artikel, paper, proposal, dan lainnya.

Dengan cakupan bahasa yakni Inggris, Jepang, Korea, Jerman, dan Indonesia.

Untuk layanan proofreading mereka melibatkan pemeriksaan dokumen-dokumen dalam bahasa asli maupun terjemahan.

Pemeriksaan itu meliputi kesalahan-kesalahan dalam tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan format.

 

Bisnis Zero Language Barriers

Bisnis “ZLB (Zero Language Barriers)” ini juga menyediakan layanan konsultasi proofreading dokumen.

Membantu klien memahami kebutuhan mereka dalam memilih layanan yang tepat.

Mereka berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang cepat, efisien, dan berkualitas.

Target pasar dari ide bisnis ini adalah para mahasiswa yang tersebar di Indonesia.

Mereka mempekerjakan penerjemah tersumpah sehingga tidak diragukan lagi keakuratan, dan kekredibelan hasil dokumennya.

Mahasiswa kelompok ZLB mengatakan:

“Salah satu kunci sukses untuk membesarkan bisnis translator dan proofreading adalah melakukan promosi yang tepat”

 

Promosi dan Branding

Promosi yang dilakukan adalah dengan membuat akun media sosial, misalnya Instagram dan TikTok.

Hal ini merupakan salah satu strategi yang bisa menjangkau konsumen.

Selain itu, hal ini bisa dilakukan untuk menargetkan konsumen mulai dari lokasi, usia, dan jenis kelamin.

Terbukti pada saat kegiatan implementasi produk bisnis informasi ini dijalankan pada kurun waktu 2 mingguan.

Terdapat konsumen yang tertarik untuk memakai jasa bisnis dari ZLB ini.

Terdapat sekitar 7 (tujuh) konsumen yang berasal dari instansi yang berbeda.

Ada yang berasal dari mahasiswa politeknik dengan jenis jasa yang dibutuhkan translate CV Indonesia – English.

Kemudian ada mahasiswa UINSA, UTM, PGRI Adi Buana, UPN Veteran Jawa Timur,

dan UM yang membutuhkan jasa translate dokumen 1 halaman.

Jasa ini perdana mereka tawarkan dengan harga yang masih ‘miring’ dikantong pelajar.

Jadi banyak konsumen yang tertarik untuk mencoba dan menggunakan jasa ZLB.

 

Pameran Implementasi Produk Bisnis

Hasil dari kegiatan implementasi produk bisnis mahasiswa vokasi D-III Perpustakaan ini dipamerkan bersama pada tanggal (15/05/2023).

Tempatnya di library laboratory “LibLab” Gedung lantai 2 farmasi UNAIR Kampus B.

Kegiatan berlangsung cukup lama dari pukul 08.00-12.00 WIB.

Suasana pameran di sana sangat ramai para mahasiswa berbondong-bondong mempersiapkan stand meja.

Tujuannya untuk memajang hasil produk yang berhasil mereka implementasikan masing-masing.

Pameran tersebut dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah Ibu Dessy Harisanty, S.Sos., MA.

Beliau menghadiri dan melakukan penilaian  untuk pemenuhan UAS Semester genap.

Beliau berharap mahasiswa D-III Perpustakaan dapat terus mengembangkan inovasinya dalam dunia bisnis.

Besar harapan beliau agar kegiatan ini tidak cukup berhenti sampai sini saja.

Semoga bisnis para mahasiswa dapat terus dijalankan sebagai media pembelajaran,

dan menambah ilmu dalam dunia bisnis.

 

***

Penulis : Ainun Athiyah

Editor : Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023