VOKASI NEWS – Peran buku bergambar dalam pengembangan bahasa anak usia dini, hasil penelitian mahasiswa Fakultas Vokasi UNAIR tentang analisis tipe kalimat dan jenis kata benda dalam “Andi’s Story”.
Pada masa prasekolah, perkembangan bahasa anak mengalami kemajuan pesat. Anak-anak mulai memperluas kosakata, memahami kategori objek, dan menggunakan struktur kalimat yang lebih kompleks. Buku bergambar, seperti Andi’s Story, menjadi salah satu media efektif dalam mendukung proses ini, terutama bagi anak-anak yang sedang belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.
Pentingnya Kata Benda dalam Buku Bergambar
Melalui buku bergambar, anak-anak dapat mengenal berbagai jenis kata benda—baik konkrit maupun abstrak, yang dapat dihitung maupun tidak. Penelitian menunjukkan bahwa jenis kata benda yang mencerminkan pengalaman hidup anak mempermudah mereka mengaitkan kata dengan dunia nyata. Hal ini tidak hanya memperkaya kosakata, tetapi juga membantu anak memahami kategori objek secara lebih baik.
“Buku bergambar yang relevan dengan keseharian anak membantu mereka lebih mudah mengingat dan memahami kata benda yang diperkenalkan,” ungkap penelitian ini, mengutip teori dari Chilosi & Cipriani (2006).
Struktur Kalimat dan Perkembangan Bahasa
Selain kosakata, struktur kalimat dalam buku bergambar juga memainkan peran signifikan. Kalimat sederhana hingga kompleks, seperti subjek-predikat-objek, membantu anak-anak memahami cara menyusun kata menjadi kalimat yang koheren. Buku Andi’s Story menjadi contoh menarik dalam memberikan variasi struktur kalimat yang mengajarkan keterampilan komunikasi kepada anak-anak.
Menurut Azar (2002), buku bergambar yang menggunakan struktur kalimat bervariasi membantu anak mempelajari hubungan antara subjek, predikat, dan objek, serta mendorong mereka untuk mulai menggunakan kalimat lebih kompleks dalam komunikasi sehari-hari.
Buku Bergambar Sebagai Landasan Pendidikan
Buku bergambar tidak hanya memperluas kosakata dan keterampilan bahasa anak, tetapi juga menumbuhkan minat terhadap pembelajaran. Melalui cerita yang relevan dan visual yang menarik, buku seperti Andi’s Story memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus edukatif.
[BACA JUGA: KNV 2024, Kolaborasi 3 Bidang Soroti Potensi Kecerdasan Buatan Era Digital]
Studi ini menegaskan pentingnya penggunaan buku bergambar dalam pendidikan usia dini, khususnya untuk mendukung pengembangan linguistik anak secara menyeluruh. Dengan pendekatan yang tepat, buku bergambar dapat menjadi fondasi kuat bagi perkembangan bahasa anak-anak prasekolah.
***
Penulis : Galuh Alifia Damayanti – Program Studi Bahasa Inggris
Pembimbing : Celya Intan Kharisma Putri
Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR