VOKASI UNAIR

Mahasiswa D-III Perpustakaan Ajak SDN Airlangga III/200 Surabaya Terapkan Sistem Tata Ruang Sesuai SOP Perpusnas RI

Peran mahasiswa PSP terhadap Perpustakaan SDN Airlangga III/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Peran Mahasiswa PSP (Program Studi Perpustakaan) terhadap Perpustakaan SDN Airlangga III/200.

Dalam dunia perkuliahan D-III Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga program magang menjadi mata kuliah wajib yang harus dilaksanakan. Magang merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa dengan menerapkan secara langsung ilmu dan pengalaman selama mereka dibangku perkuliahan. Dalam perkuliahan, mahasiswa kebanyakan mendapatkan pengetahuan dengan bentuk teori dalam hal ini masih belum cukup untuk menjadi pembelajaran maka dari itu harus diiringi dengan praktik yang diwujudkan dalam bentuk kehidupan nyata. Dalam pelaksanaan magang mahasiswa dituntut untuk dapat memperluar relasi, pengetahuan dan informasi terhadap bidang yang ia tekuni.

BACA JUGA: Melangkah Maju Bersama ATLM Class Batch 1: Memperkuat Keterampilan dan Pengetahuan dalam Dunia Laboratorium Medik

Program magang yang dilaksanakan mahasiswa D-III Perpustakaan dilakukan selama 3 bulan di instansi yang dipilih. Fani Kurnia Sindi dan Leni Aditya Ardhana merupakan mahasiswi D3 Perpustakaan yang melakukan magang di Perpustakaan SDN Airlangga III /200 Surabaya. Kegiatan yang mereka lakukan yaitu Sistem Tata Ruang dan Tata Kelola Koleksi Perpustakaan. Dalam melaksanakan kegiatan Sistem Tata Ruang Perpustakaan mereka memberikan warna baru di dalam perpustakaan SDN Airlangga III/200 Surabaya.

Standar Operasional Perpustakaan Nasional RI

Standar Operasional Perpustakaan Nasional RI merupakan SOP tentang berbagai aspek yang menyangkut tentang perpustakaan salah satunya yaitu SOP tata Ruang Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Terdapat beberapa prinsip untuk menciptakan sebuah lingkungan perpustakaan yang baik dan nyaman, antara lain yaitu :

  • Perpustakaan sekolah adalah sebuah lingkungan yang menyenangkan
  • Perpustakaan sekolah dapat mewadahi beragam kegiatan
  • Perpustakaan sekolah dapat mewadahi peserta didik dengan beragam karakteristik, keterampilan, dan motivasi
  • Perpustakaan sekolah sesuai dengan usia peserta didik
  • Perpustaaan sekolah dirancang dengan mengutamakan kenyamanan pengguna
  • Perpustakaan sekolah dapat memenuhi kebutuhan masa kini dan masa depan
  • Perpustakaan sekolah tidak harus mewah dan mahal
  • Perpustakaan sekolah adalah milik Bersama seluruh warga sekolah
Sistem Tata Ruang Perpustakaan SDN Airlangga III/200 Surabaya

Peran mahasiswa PSP di Perpustakaan SDN Airlangga III/200 Surabaya yakni merenovasi ruangan perpustakaan menjadi ruangan perpustakaan yang sesuai dengan Standar Operasional Perpustakaan Nasional RI. Sesuai dengan programnya, mahasiswi D3 Perpustakaan mampu merenovasi dengan mengubah seluruh bentuk dan tatanan yang ada di dalam perpustakaan. Di mulai dari memberikan label pada no.klasifikasi setiap rak koleksi, memberikan dinding dengan hiasan berupa gambar-gambar wayang kulit yang menjadi pembelajaran bagi siswa siswi, membuat hiasan jendela dari origami, dan memberikan tanda pada ruangan. Mahasiswi magang juga memberikan pengajaran kepada siswa dan siswi SDN Airlangga III/200 Surabaya sebuah kelas literasi, dalam kelas literasi mahasiswi magang memberikan Pelajaran tentang literasi cerdas cermat, literasi drama, story telling, menghafal, dan bermain games.

***

Penulis : Fani Kurnia Sindi / 152111313065

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori