VOKASI UNAIR

PPN (Pengabdian Perpajakan) 2022 di Desa Ganggangpanjang

VOKASI NEWS – Mahasiswa/i sudah sepatutnya memenuhi tri dharma perguruan tinggi, salah satunya dengan melakukan Pengabdian Masyarakat. Pada kesempatan kali ini HIMA D3 Perpajakan khususnya Departemen Sosial Masyarakat memiliki kesempatan untuk mengabdi di Desa Ganggangpanjang Kabupaten Sidoarjo (14-15 Oktober 2022) yang dinamakan PPN (Pengabdian Perpajakan). Pengabdian ini dilaksanakan selama dua hari dengan tujuan mengedukasi, memberi solusi, dan mengabdi pada Desa ini. Kegiatan ini diresmikan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa, Kepala Desa, beserta Ketua Pelaksana acara.

Hari pertama dilaksanakan kegiatan pembukaan, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga. Lalu terdapat sambutan dari Ketua Pelaksana (Habib Maulana), diteruskan dengan Ketua Himpunan Mahasiswa (M. Alif Darmawan) dan sambutan terakhir oleh Kepala Desa (Bapak M. Adenan ).

Kegiatan dilanjutkan edukasi perpajakan dengan tema “Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2)”. Kegiatan ini didasari dengan keresahan dan kurangnya informasi kepada masyarakat desa mengenai hal ini, salah satunya cara mengurus administrasi dan cara membayar. Pemaparan materi oleh narasumber Drs. Aunur Roji Selaku Kasubid Penagihan Pajak Daerah II Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo  dan Yopy Vigan, A.Md Selaku Pengelola Dara Bidang Pajak Daerah II Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo. Antusiasme warga dalam mengikuti pemaparan materi sangat baik dapat terlihat pada sesi tanya jawab yang interaktif.

Kegiatan kedua pada hari pertama yaitu pemasangan dan peresmian “Rubuha” atau Rumah Burung hantu yang mana dalam hal ini bekerja sama dengan Opos Sidoarjo (Owl Pride of Sidoarjo). Kegiatan ini didasari dengan keluhan warga mengenai Hama Tikus pada sawah masyarakat. Rubuha diresmikan oleh Kepala Desa, Ketua Opos (Don Adriant), dan Ketua Pelaksana.

Kemudian, hari kedua pada pagi hari kami melakukan kegiatan edukasi dan medical check-up yang disediakan untuk warga secara gratis. tema kegiatan ini yaitu “Sosialisasi Pengetahuan Bahaya Hipertensi serta Pencegahan untuk Hidup yang lebih Sehat”. Untuk kegiatan ini, kami bekerja sama dengan Prodi D4 Analis Medik. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini warga desa dapat lebih memperhatikan gejala-gejala dan dapat menangani penyakit hipertensi dengan lebih baik.

Kegiatan selanjutnya yakni mengabdi pada Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan yang berada pada desa ini. Kegiatan ini fokus untuk memberikan suasana baru untuk adik-adik dengan cara bernyanyi bersama dan membiarkan mereka mengeksplor kreatif dalam diri dengan melukis paving. Dapat dilihat bahwa adik-adik sangat senang dengan melakukan kegiatan ini.

Disusul dengan kegiatan pada saat yang sama kami melakukan pengabdian pada SD Negeri Ganggangpanjang. Dalam pengabdian ini kami memberikan edukasi mengenai beberapa satwa yang telah disiapkan dalam hal ini bekerja sama dengan Opos Sidoarjo (Owl Pride of Sidoarjo) oleh Don Adriant dan sedikit hiburan dengan lomba Rebut Kursi. Sangat diluar ekspektasi dengan ketertarikan adik-adik yang sangat luar biasa.

Kegiatan terakhir sebelum dilakukan penutupan yaitu “Angklung” atau Aksi Lingkungan. Bertujuan untuk sedikit membantu membersihkan sekitar desa dan mengecat jembatan.

Selanjutnya penutupan acara dengan melakukan penyerahan plakat kepada Kepala Desa, Ketua Pelaksana, dan Wakil Ketua Hima (Ahmad Dzaki Fahrezi), beserta memberikan kesan dan pesan.

Penulis : Raihana Rafidah Rachma

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori