Project Kolaborasi PDB-A70: KLIK “Knowledge And Literacy Investing In Kids”

VOKASI NEWS – Project kolaborasi PDB merupakan suatu kegiatan tugas akhir bagi mahasiswa semester 2 untuk mata kuliah umum. Salah satunya project yang dilakukan oleh kelompok The Tigers dari PDB-A70 dengan mengangkat tema literasi sejak dini dengan project yang berjudul “KLIK – Knowledge And Literacy Investing In Kids”.

Mereka merealisasikan project tersebut di Taman Baca Masyarakat Kalidami yang merupakan TBM binaan dari Prodi D3-Perpustakaan Fakultas Vokasi. Latar belakang yang mendasari mereka untuk mengambil tema tersebut karena Indonesia menempati peringkat 62 dari 70 negara dengan tingkat literasi rendah, sedangkan indeks literasi digital Indonesia mencapai 3,54 poin dengan kategori sedang. Hal ini menunjukan rendahnya minat baca di Indonesia.

Menurut Elisa, Ketua Pelaksana Project Kolaborasi KLIK, menuturkan bahwa ada tujuan khusus yang dibentuk dalam project tersebut,

“Project ini sebenernya bisa dibilang bentuk penyampaian informasi seperti sosialisasi, dibikin berdasarkan realita yang ada di Indonesia kita ini sih, yaitu minat baca yang terlalu minim begitu. Maka, kita ada tujuan khusus yang mana kita kan targetya ke anak-anak nih ya, di usia yang dini mereka kayak sedang aktif-aktifnya pengen tau banget, jadi kita membekali anak-anak dengan pendidikan yang berkualitas dan ini mendukung peran SDGs 2030 poin ke-4 yaitu pendidikan berkualitas dan juga melatih anak-anak untuk memiliki kemampuan minat berliterasi tinggi. Di dalam project kita ini ga hanya tentang literasi aja, tapi juga ada juga story telling, dan lain sebagainya.” kata Ketua Pelaksana Project KLIK.

Salah Satu Mahasiswa dari Tim <yoastmark class=
Salah Satu Mahasiswa dari Tim Project Kolaborasi sedang Storytelling (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Pelaksanaan Project KLIK

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Minggu, 7 Mei 2023 di TBM Kalidami dan dihadiri kurang lebih 30 anak dari kampung Kalidami tersebut. Dari 30 anak tersebut rentan usia mereka berbeda-beda, dari umur 5 hingga 10 tahun. Dari konsep acara, kelompok The Tigers memang membedakan tingkat umur dan kegiatan apa yang mereka lakukan, seperti kelompok A (usia 5-7 tahun) mereka akan diajarkan untuk mewarnai dan untuk kelompok B (usia 8-10 tahun) akan diajarkan untuk mendengarkan materi pembelajaran pancasila yang dipaparkan oleh salah satu tim The Tigers kemudian akan ada sesi tanya jawab.

Tentunya tak hanya itu saja, The Tigers juga mengajarkan anak-anak agar mau tampil maju kedepan, berstory telling tentang pengalamannya atau perkenalan diri. Hal ini agar anak-anak memiliki jiwa yang berani untuk unjuk diri. Setiap kegiatan pasti ada apresiasi, tim The Tigers juga sudah membuat rewarding untuk setiap anak-anak yang mau datang ke TBM berupa alat tulis dan tambahan reward berupa snack bagi yang sudah mau story telling, menjawab soal Tanya jawab dengan benar dan juara lomba mewarnai.

Menurut tim The Tigers, anak-anak banyak yang antusias, interaktif, dan cukup aktif  dalam mengikuti kegiatan ini.

Output dari project kami adalah berupa modul buku panduan pengajaran. Modul ini berjudul Buku Panduan Peningkatan Literasi Anak Sekolah Dasar (Untuk Pegangan Mahasiswa) dengan sub-judul “Kumpulan Cara Mengajar Literasi pada Anak-Anak dengan Metode FLA (Fun Literacy Activity)”. ucap salah satu tim project PDB A-70

Kami akan mempublikasi buku panduan ini secara digital dalam bentuk file pdf sehingga fleksibel untuk diakses dimanapun, meskipun demikian, kami tetap akan menyediakan bentuk fisiknya yang telah dicetak untuk ditampilkan saat di EXPO. Selain itu kami juga mempunyai output media sosial berupa akun Instagram khusus milik kelompok Tigers.

Seluruh dokumentasi dari kegiatan luring diunggah disini. Rencana kedepannya melalui akun ini kami akan terus membagikan konten dan informasi menarik mengenai literasi. Kami juga akan mempromosikan buku panduan yang kami buat supaya dapat mencapai audiens yang lebih luas. Akun Instagram kami adalah @klik.70.” kata tim The Tigers.

Penulis: Mariana Anggraini Puspitasari

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga