VOKASI UNAIR

Skema Terbaru Seleksi Masuk PTN 2023

VOKASI NEWS – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengumumkan adanya perubahan pada proses masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023.

Apa saja yang berubah? Para Voks mungkin sudah tahu, kalau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah tidak lagi menjadi penyelenggara seleksi masuk PTN. Sekarang, perannya sudah digantikan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) yang bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan pengyujian di bidang Pendidikan yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Selain itu, perubahan tidak hanya pada badan pelaksana saja. Akan tetapi, penamaan jalur seleksi juga ikut berubah lho. Pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SPNMB) 2023 ini terdapat tiga jalur seleksi masuk PTN yang dapat diikuti calon mahasiswa baru.

Pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau yang sebelumnya kita sering kenal dengan sebutan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua, ada Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) yang merupakan perubahan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Terakhir, adalah jalur Seleksi Mandiri oleh PTN merupakan jalur seleksi yang dilakukan berdasarkan kebijakan masing-masing dari Perguruan Tinggi.

Kini, calon mahasiswa baik dari SMA/SMK/MA bisa memilih program studi D3, D4 atau S1 yang diinginkan saat mengikuti SNBP ataupun SNBT 2023. Dengan mengintegrasikan seleksi masuk PTN untuk pendidikan vokasi dan akademik, calon mahasiswa baru hanya perlu melakukan pendaftaran dan melaksanakan tes untuk memilih kampus impiannya secara terbuka.

Dalam transformasi pada SNPMB 2023 memiliki tantangan tersendiri bagi para peserta, khususnya Para Voks, yakni tes masuk sudah tidak lagi berbasis subjek mata pelajaran melainkan melihat aspek kesiapan belajar di perguruan tinggi dengan menitikberatkan pada uji daya nalar dan literasi. Hal tersebut, penting bagi para mahasiswa baru vokasi untuk mengembangkan kemampuan penalaran dan literasi yang dimilikinya.

Informasi selengkapnya, dapat mengunjungi laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau https://ppmb.unair.ac.id/ 

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori