VOKASI UNAIR

SMKN 4 Jember Gandeng UNAIR dan Industri Untuk perkuat pendidikan Vokasi di Jember

UNAIR NEWS – Saat ini sekolah menengah kejuruan (SMK) didorong untuk bisa menciptakan lulusan yang semakin kompeten dengan dibekali aspek soft skill dan karakter serta budaya kerja melengkapi aspek hard skill sesuai kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja.

Upaya untuk mewujudkannya yakni dengan mengikuti program pemerntah yaitu SMK-PK. Merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Saat ini, Unair dipercaya untuk mendampingi dan memberikan sosialisasi serta berkolaborasi dengan SMKN 4 Jember dengan mengundang industri. salah satu Industri yang diajak berkolaborasi adalah By.U yang merupakan provider digital pertama di Indonesia. bersama dengan Industri SMKN 4 Jember akan membuat digital platform yang di susun bersama dengan Industri dengan pendampingan oleh Dr. Rahmat Yuliawan,SE.,MM.,CHRM dari Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Peran guru dan kepala sekolah juga penting untuk keberhasilan prgram ini. Sosialisasi tersebut diadakan guna memberikan pemahaman mengenai tata laksana SMK-PK dengan berkolaborasi bersama Industri terkait. dalam hal ini SMKN 4 Jember mengundang Alfamart (Kelas Industri), Gramedia, Kepala Dinas, Dispenda, Komite Sekolah dan semua fihak yang akan menjadi aktor kunci dalam pelaksanaan SMK PK Kedepan.

Dalam sosialisasi dan kolaborasi ini dapat mengoptimalkan Dunia Usaha dan Industri untuk menyusun kurikulum SMK yang sesuai dengan mengkombinasikan kurikulum nasional agar tujuan pendidikan yang diharapkan dapat sesuai dan terwujud.

Penulis : Rara

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori