VOKASI NEWS – Mengetahui sistem content planning platform Instagram guna meningkatkan pemasaran bisnis di era teknologi saat ini.
Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Media sosial telah menjadi platform yang sangat diminati oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan strategi bisnis dengan cara memanfaatkan digital marketing. Salah satunya yaitu sosial media marketing yang memiliki peluang cukup tinggi untuk meningkatkan identitas produk dalam bentuk tulisan, visual, dan audiovisual.
BACA JUGA: Stop Stigma Negatif Terhadap Penderita Gangguan Jiwa
Salah satu platform yang banyak digunakan adalah Instagram. Hal tersebut karena memiliki berbagai fitur yang mendukung aktivitas promosi produk. CV. HAHA Multi Indo, dengan produk unggulannya DELOC, berusaha meningkatkan engagement rate melalui content planning yang terstruktur dan efektif.
Content planning atau perencanaan konten adalah proses merancang dan mengatur konten yang akan dipublikasikan pada media sosial. Dengan content planning yang baik, perusahaan dapat mengoptimalkan setiap postingan agar lebih relevan dan menarik bagi audiens. Perencanaan ini melibatkan pemilihan jenis konten, penjadwalan, serta evaluasi performa setiap konten yang dipublikasikan.
Mengetahui Aspek-Aspek dalam Perencanaan Konten
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data diperoleh dari akun Instagram @deloc.official, Google Spreadsheet, tabel content planning, dan insight Instagram. Analisis data dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas strategi content planning yang diterapkan.
Pilar konten yang digunakan dalam strategi content planning, terdapat empat pilar konten utama yang digunakan yaitu:
- Konten Edukasi
Konten edukasi bertujuan memberikan informasi tentang produk kepada audiens.
- Konten Promosi
Berbeda halnya dengan konten edukasi, konten promosi berfokus untuk peningkatan penjualan produk.
- Konten Agile
Konten agile menyesuaikan tren terkini, seperti ucapan raya idul fitri.
- Konten Emosional.
Sementara konten emosional bertujuan membangun keterikatan emosional dengan audiens.
Beberapa ide konten marketing yang dirancang meliputi promosi produk, penggunaan hashtag, konten review produk, konten peringatan hari besar, dan konten pertanyaan. Promosi produk dilakukan dengan menonjolkan keunggulan produk DELOC guna untuk menarik minat customer. Penggunaan hashtag membantu meningkatkan visibilitas postingan. Konten review produk menampilkan pengalaman pelanggan yang positif, sementara konten peringatan hari besar dan konten pertanyaan bertujuan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens.
Tujuan Penelitian Mengenai Content Planning Instagram
Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan content planning yang efektif guna meningkatkan engagement rate pada akun Instagram @deloc.official. Dengan membuat perencanaan, pengembangan, dan penjadwalan konten yang akan dipublikasikan di akun Instagram @deloc.official dalam upaya meningkatkan engagement, jadi penerapan content planning sangat penting.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens lebih menyukai konten reels yang menampilkan review produk. Project pembuatan perencanaan konten berhasil meningkatkan impresi sebesar 73% dan aktivitas profil ke akun Instagram sebesar 5,7% dibandingkan periode sebelumnya. Selain itu, interaksi konten meningkat sebesar 217% dari periode sebelumnya.
Hal ini menunjukkan bahwa strategi perencanaan konten yang diterapkan efektif dalam meningkatkan engagement rate. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa perencanaan konten yang baik mampu meningkatkan performa akun Instagram @deloc.official secara signifikan. Strategi yang diterapkan berhasil meningkatkan impresi, aktivitas profil, dan interaksi konten. Perusahaan CV. HAHA Multi Indo disarankan untuk terus mengembangkan strategi agar tetap relevan dengan mengikuti trend yang sedang viral serta jangkauan target audiens yang luas.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa content planning yang baik mampu meningkatkan performa akun Instagram @deloc.official secara signifikan. Strategi yang diterapkan berhasil meningkatkan impresi, aktivitas profil, dan interaksi konten. Perusahaan CV. HAHA Multi Indo disarankan untuk terus mengembangkan strategi content planning agar tetap relevan dengan mengikuti trend yang sedang viral serta jangkauan target audiens yang luas.
***
Penulis: Willy Adicakra Perdana
Editor: Puspa Anggun Pertiwi