VOKASI NEWS – Content planning atau perencanaan konten adalah proses merancang dan mengatur konten yang akan dipublikasikan pada media sosial. Melalui hal ini, perusahaan dapat mengoptimalkan setiap postingan agar lebih relevan dan menarik bagi audiens. Perencanaan ini melibatkan pemilihan jenis konten, penjadwalan, serta evaluasi performa setiap konten yang dipublikasikan.
Sistem Content Planning pada Platform Instagram
Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Media sosial telah menjadi platform yang sangat diminati oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan strategi bisnis dengan cara memanfaatkan digital marketing. Salah satunya yaitu sosial media marketing yang memiliki peluang cukup tinggi untuk meningkatkan identitas produk dalam bentuk tulisan, visual, dan audiovisual.
Salah satu platform yang banyak digunakan adalah Instagram. Hal tersebut karena memiliki berbagai fitur yang mendukung aktivitas promosi produk. CV. HAHA Multi Indo, dengan produk unggulannya DELOC, berusaha meningkatkan engagement rate melalui content planning yang terstruktur dan efektif.
Aspek-Aspek dalam Content Planning
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data diperoleh dari akun Instagram @deloc.official, Google Spreadsheet, tabel content planning, dan insight Instagram. Analisis data dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas strategi perencanaan yang diterapkan.
Terdapat 4 (empat) pilar konten utama yang digunakan dalam strategi perencaanaan, yaitu:
- Edukasi, yang bertujuan memberikan informasi tentang produk kepada audiens.
- Promosi, konten ini berfokus pada peningkatan penjualan produk.
- Agile, merupakan konten yang menyesuaikan tren terkini, seperti ucapan raya idul fitri.
- Emosional, memliki tujuan untuk membangun keterikatan emosional dengan audiens.
Beberapa ide konten marketing yang dirancang meliputi promosi produk, penggunaan hashtag, konten review produk, konten peringatan hari besar, dan konten pertanyaan. Promosi produk dilakukan dengan menonjolkan keunggulan produk DELOC guna untuk menarik minat customer. Penggunaan hashtag membantu meningkatkan visibilitas postingan. Konten review produk menampilkan pengalaman pelanggan yang positif, sementara konten peringatan hari besar dan konten pertanyaan bertujuan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens.
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk membuat perencanaan konten yang efektif guna meningkatkan engagement rate pada akun Instagram @deloc.official. Dengan membuat perencanaan, pengembangan, dan penjadwalan konten yang akan dipublikasikan di akun Instagram @deloc.official dalam upaya meningkatkan engagement.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa audiens lebih menyukai konten reels yang menampilkan review produk. Project pembuatan content planning berhasil meningkatkan impresi sebesar 73% dan aktivitas profil ke akun Instagram sebesar 5,7% dibandingkan periode sebelumnya. Selain itu, interaksi konten meningkat sebesar 217% dari periode sebelumnya.
Hal ini menunjukkan bahwa strategi content planning yang diterapkan efektif dalam meningkatkan engagement rate. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa content planning yang baik mampu meningkatkan performa akun Instagram @deloc.official secara signifikan. Strategi yang diterapkan berhasil meningkatkan impresi, aktivitas profil, dan interaksi konten. Perusahaan CV. HAHA Multi Indo disarankan untuk terus mengembangkan strategi content planning agar tetap relevan dengan mengikuti trend yang sedang viral serta jangkauan target audiens yang luas.
BACA JUGA: https://vokasi.unair.ac.id/analisis-kadar-amh-berdasarkan-usia-pada-pasien-wanita-program-ivf/
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa content planning yang baik mampu meningkatkan performa akun Instagram @deloc.official secara signifikan. Strategi yang diterapkan berhasil meningkatkan impresi, aktivitas profil, dan interaksi konten. Perusahaan CV. HAHA Multi Indo disarankan untuk terus mengembangkan strategi content planning agar tetap relevan dengan mengikuti trend yang sedang viral serta jangkauan target audiens yang luas.***
***
Penulis: Willy Adicakra Perdana
Editor: Galuh Candrawati