VOKASI NEWS – Campaign crowdfunding merupakan salah satu strategi pada perkembangan teknologi saat ini untuk meningkatkan kebutuhan fundraising. Campaign Crowdfunding umumnya dilakukan melalui website untuk memperkenalkan produk atau program galang dana oleh perusahaan. Crowdfunding merupakan cara mengumpulkan dana dengan meminta sejumlah orang untuk menyumbangkan dana dalam jumlah kecil dan jangka waktu yang singkat. Crowdfunding dilakukan secara online dengan melalui website maupun jejaring sosial lainnya (crowdfunding, n.d.).
Dan suatu organisasi dapat menggunakan crowdfunding untuk semua jenis proyek salah satunya adalah kegiatan amal. Kemudian, menurut Sullivan dalam (Adiansah et al., 2016) crowdfunding terinspirasi dari crowdsourcing yang dapat diartikan sebagai kerjasama kolektif. Yang mana merupakan sebuah bentuk perhatian, serta kepercayaan dari orang-orang yang terhubung dan mengumpulkan uang bersama. Hal tersebut biasanya dilakukan melalui internet dalam upaya mendukung usaha yang diinsiasi oleh orang lain atau organisasi.
Strategi Penggalangan Dana
Dalam campaign crowdfunding, tentunya dibutuhkan brand trust yang berdasarkan pada keyakinan seorang konsumen bahwa produk tersebut memenuhi nilai yang dijanjikan. Suatu merek harus mampu memenuhi kepentingan konsumen ( Delgado 1999 dalam Tingkir, 2014). Dalam kepercayaan suatu merek terdapat tiga faktor yang menggambarkan suatu kepercayaan merek (Tingkir, 2014). Faktor pertama adalah brand characteristic. Brand Characteristic menjadi peran penting untuk menentukan analisa dan evaluasi konsumen dalam mempercayai suatu merek. Hal tersebut dikarenakan konsumen akan menentukan penilaian terlebih dahulu sebelum memberikan kepercayaan terhadap suatu merek.
Faktor selanjutnya company characteristic dibalik sebuah merek company characteristic memengaruhi tingkat kepercayaan konsumen terhadap merek tersebut. Pengetahuan konsumen mengenai perusahaan yang memproduksi suatu merek merupakan landasan pembentukan pandangan konsumen terhadap merek. Faktor – faktor yang memengaruhi kepercayaan ini mencakup reputasi perusahaan, motivasi yang dimiliki oleh perusahaan, serta integritas perusahaan tersebut. Kemudian, faktor terakhir yaitu consumer-brand characteristic kedua kelompok ini saling memengaruhi satu sama lain. Faktor yang memengaruhi hubungan antara consumer dan brand charachteristic mencakup konsep emosional seorang konsumen dengan kepribadian merek, dan kecintaan konsumen terhadap merek serta pengalaman konsumen dengan merek tersebut.
Cara Optimasi Campaign Crowdfunding
Influencer credibility merupakan seorang individu yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang lain melalui karakteristiknya. Influencer berperan dalam tiga hal utama yang meliputi To inform, to persuade, to entertain. To inform merupakan sebuah fungsi influencer marketing yang mana influencer marketing berperan untuk menginformasikan tentang suatu brand kepada audiens. Dimana fungsi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan suatu brand sehingga audiens tertarik dengan produk yang dipromosikan. Selanjutnya, fungsi yang kedua adalah to persuade yang berfungsi untuk meyakinkan audiens untuk menerima atau meminta adopsi perasaan dan perilakunya.
Dan fungsi yang terahir yaitu to entertain, influencer berperan dalam menghibur audiens sehingga konten yang di bawa oleh influencer marketer yang memiliki pesan persuasif dan dapat diterima dengan baik oleh audiens. Selain itu, influencer memiliki konsep umum yaitu trustworthiness yang merupakan kemampuan untuk dipercaya, kejujuran serta integritas dari celebrity tersebut. Selain itu seorang influencer juga memiliki konsep ecpertiseness yang mana konsep tersebut mengacu pada pengetahuan, pengalaman yang dimiliki oleh influencer. Kemudian, attractiveness juga mengacu pada karakteristik dari fisik influencer yang dapat dilihat oleh audiens. Konsep terahir yang dimiliki oleh influencer ialah similiarity sebagai atribut untuk berhubungan antara konsumen dengan influencer yang memiliki karakteristik sama.***
Penulis : Orlin Luvena Oktandi
Editor: Galuh Candrawati