VOKASI NEWS – Beberapa langkah penting terkait upaya meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit guna meningkatkan kepuasan pasien.
Di zaman sekarang dengan banyaknya sumber informasi dari berbagai platform/media sosial, masyarakat dapat mengetahui baik dan buruknya pelayanan rumah sakit. Hal ini seringkali menuntut untuk paien untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik.
Pengertian Kualitas Pelayanan
Tingkat pelayanan kesehatan yang memenuhi hak dan kewajiban masyarakat dan diberikan sesuai dengan standar pelayanan, kemajuan ilmu pengetahuan, dan meningkatkan kesehatan secara optimal dikenal sebagai kualitas pelayanan kesehatan.
Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan
Dari hasil penelitian Rosita, et al (2023), mengatakan bahwa ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pihak rumah sakit guna meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien diantaranya sebagai berikut:
Pertama, para pengelola rumah sakit seharusnya berusaha melakukan dan mensinergikan manajemen pelayanan dan strategi manajemen rumah sakit . Ini berdasarkan ketersediaan fasilitas dan peralatan medis yang didukung oleh tenaga medis yang cukup handal dalam bidangnya.
Kedua, langkah-langkah yang ditempuh oleh pihak rumah sakit. Langkah ini seperti bekerja sama dengan pemerintah, membuka peluang bagi investor asing untuk berkolaborasi dalam pengembangan rumah sakit guna menjadi lebih baik di masa depan.
Ketiga, beberapa faktor yang bepengaruh pada pelaksanaan pelayanan rumah sakit yaitu kurangnya fasilitas medis dan kurangnya tenaga medis dengan spesialisasi penyakit.
Keempat, peralatan yang mendukung peningkatan pelayanan medis. Diharapkan peralatan ini sudah berbasis teknologi atau digital masih terbatas dapat ditutupi dengan adanya sumber daya manusia yang kompeten di bidang pelayanan.
Kelima mengadakan pelatihan tindakan yang ada di rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Diharapkan pelatihan terkait kualitas petugas pelayanan yang terbaik, seperti layanan yang luar biasa, pelatihan pelayanan prima, dan pelatihan tim kerja. Pelatihan tim kerja ini dapat menumbuhkan motivasi pengembangan diri pada petugas pelayanan. Dengan demikian, sehingga rumah sakit dapat mencapai terobosan baru dalam strategi manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan di masa yang mendatang.
Serta yang terakhir yakni berkala melakukan survei kepuasan pelanggan terhadap pelayanan rumah sakit yang telah diberikan kepada pasien,
Kesimpulan
Dengan adanya upaya strategi di atas, diharapkan kualitas pelayanan Rumah Sakit dapat meningkat dan semakin baik sehingga pasien dapat merasa puas dan percaya dengan pelayanan yang diberikan Rumah Sakit. Hal tersebut nantinya akan berdampak baik pada pihak Rumah Sakit tersendiri.
BACA JUGA : Uji Coba Mahasiswa Mengenai Gigi Tiruan Lengkap Lepasan Pada Pasien dengan Kasus Eksostosis
***
Penulis : Zahrotun Nisa’
Editor : Maulidatus Solihah