VOKASI UNAIR

BEASISWA VAN DEVENTER-MAAS INDONESIA AKAN DIBUKA MULAI FEBRUARI 2023

VOKASI NEWS – Pada hari Sabtu, 21 Januari 2023, Direkrorat Kemahasiswaan Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Acara Sosisialisai Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI) secara daring melalui zoom meeting. Acara ini juga terbuka bagi seluruh mahasiswa UNAIR.

Sosialisasi diawali dengan sambutan Herdina Indrijati M.Psi, sebagai Person in Charge (PIC) Beasiswa VDMI UNAIR. Herdina menyampaikan bahwa masih banyak mahasiswa UNAIR yang membutuhkan bantuan dari pihak VDMI dan sangat percaya segala bentuk bantuan akan berguna bagi penerima beasiswa VDMI. Maka dari itu, diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Mendukung pernyataan Dosen Fakultas Psikologi UNAIR, pihak dari VDMI pun menambahkan informasi terkait Sosialiasi Beasiswa VDMI yang diwakili oleh Dios Yarona Larosa, selaku communication and alumni relation officer. Ia bermula menjelaskan tentang sejarah Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia ini terbentuk yang merupakan program Yayasan Van Deventer-Maas Stichting (VDMS). Yayasan VDMS berdiri pada tahun 1947 milik Coen Van Deventer bersama istrinya Elisabeth (Betsy) Maas. Kala itu, kedua pendiri Yayasan tersebut sedang bertugas di Ambon dan Semarang (1880-1898). Kemudian, sempat berkenalan dengan ayah R. A. Kartini dan keluarganya. Sejak saat itulah, pasutri tersebut terinspirasi dari cita-cita R. A. Kartini tentang membangun pendidikan untuk anak-anak perempuan Indonesia.

Tidak berhenti sampai situ, Dios menerangkan juga bahwa tujuan dari Beasiswa VDMI adalah mendukung pendidikan masyarakat muda Indonesia untuk menjadi pemuda yang berbakat dan beranggungjawab. Sejak tahun 2017, VDMI secara resmi menjadi badan hukum dan sekarang sudah menjalin kerjasama dengan 34 universitas untuk memberikan beasiswa kepada 1000 pemuda mahasiswa setiap tahunnya.

Bantuan beasiswa dapat berupa uang tunai pendidikan, regional meeting, citizenship workshop, pelatihan, social project, dan masih banyak kegiatan lainnya yang akan diselenggarakan Yayasan VDMI.

Informasi tambahan, Beasiswa VDMI terbuka bagi seluruh mahasiswa jenjang S1/D4/D3 kecuali Program Studi Agama dan Teologi dan telah memenuhi persyaratan beasiswa. Pendaftaran dibuka pada 10 Februari hingga 10 Maret 2023 dengan alur pendaftaran di website Van Deventer-Maas Indonesia serta melanjutkan pendaftarannya pada laman Cybercampus V2 login menggunakan akun cybercampus dan pilih fitur beasiswa tersedia.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori