VOKASI – Faktor penyebab kelelahan kerja di Stasiun Puteran, sebuah studi Mahasiswa UNAIR.
Mahasiswa Fakultas Vokasi UNAIR melakukan penelitian tentang kelelahan kerja. Kelelahan kerja adalah penurunan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas yang dapat berdampak negatif pada produktivitas dan konsentrasi kerja. Faktor penyebab kelelahan kerja dapat dibagi menjadi dua kategori utama: internal dan eksternal. Penelitian mahasiswa bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja di kalangan pekerja stasiun puteran.
BACA JUGA: Pengaruh Pemberian Terapi Akupunktur Terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi
Sampel penelitian mahasiswa terdiri dari 25 pekerja stasiun puteran. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner gejala kelelahan dari Industrial Fatigue Research Committee (IFRC) dan pulse oximeter untuk mengukur beban kerja fisik dengan rumus perhitungan %CVL (Cardiovascular Load).
Faktor Internal dan Eksternal Kelelahan Kerja
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara faktor internal (usia dan masa kerja) dan faktor eksternal (beban kerja fisik dan shift kerja) dengan tingkat kelelahan kerja. Ditemukan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara usia dan tingkat kelelahan kerja, serta hubungan yang sangat kuat antara masa kerja dan kelelahan kerja. Beban kerja fisik dan shift kerja juga memiliki hubungan yang cukup kuat dengan tingkat kelelahan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan beberapa tindakan pencegahan, seperti edukasi tentang kelelahan kerja dan dampaknya, penyediaan alarm di area kerja untuk mengingatkan pekerja agar melakukan peregangan, serta pemberian waktu istirahat bagi pekerja yang kurang sehat melalui rotasi pekerjaan. Selain itu, perusahaan diharapkan dapat mengelola jumlah pekerja untuk mengurangi beban kerja tambahan yang dapat meningkatkan risiko kelelahan.
***
Penulis : Elsa Lestiyaningtias
Pembimbing : Ratnaningtyas Wahyu Kusuma Wardhani
Program Studi : D-III Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR