HIMTI Goes to Industry: Menjelajahi Dunia Kerja di PT. Telkom Landmark Tower Merr Surabaya

VOKASI NEWS – HIMTI Goes to Industry di PT. Telkom Landmark Tower Merr Surabaya.

Himpunan Mahasiswa D4 Teknik Informatika Universitas Airlangga (HIMTI) kembali sukses menggelar salah satu program kerjanya, yaitu HIMTI Goes to Industry.  Kegiatan yang diselenggarakn pada Kamis, (27/06) mengusung tema “Exploring Career Opportunities in the Tech Industry: Trends and Insight in Tech Winter.” HIMTI menggandeng PT. Telkom Landmark Surabaya untuk memberikan ilmu dan wawasan kepada para peserta. Khususnya wawasan tentang dunia kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Acara yang diikuti oleh 120 peserta ini berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Para peserta terlihat antusias dan semangat untuk menyerap ilmu yang diberikan oleh para pemateri.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Kloter A dan Kloter B. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar proses kunjungan dapat berjalan dengan tertib dan efisien. Pembagian ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa proses mobilisasi 120 peserta tidak mengganggu aktivitas para karyawan yang sedang bekerja.

Unit Regional Operation Center (ROC)

Unit Regional Operation Center merupakan ruangan yang berfungsi sebagai pusat kendali operasi jaringan telekomunikasi Telkom. Di ruangan ini, para peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang seluk-beluk jaringan, mulai dari sebaran dan detail infrastrukturnya hingga cara kerja jaringan tersebut sehingga dapat terhubung satu sama lain.

BACA JUGA: Pengaruh Pemberian Terapi Akupunktur Terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi

Pembahasan mengenai jaringan telekomunikasi ini tentu sangat relevan dengan prodi D4 Teknik Informatika, karena salah satu mata kuliah yang dipelajari di program studi ini adalah Jaringan Komputer di semester 4. Dengan demikian, kunjungan ke ROC ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk melihat praktik yang telah mereka pelajari di kelas dalam konteks dunia kerja yang nyata.

Digital Marketing Operation (DMD)

Digital Marketing Operation merupakan ruangan yang digunakan oleh divisi marketing Telkom. Di ruangan ini, para peserta mendapatkan penjelasan tentang struktur dan peran divisi marketing. Peserta juga diajarkan tools-tools yang digunakan untuk menangkap dan mengolah data pemasaran.

Pembahasan mengenai digital marketing ini juga memiliki keterkaitan dengan mata kuliah yang dipelajari di D4 Teknik Informatika, yaitu Basis Data Relasional dan Pemrograman Basis Data. Dengan pemahaman yang baik tentang mata kuliah tersebut, para peserta dapat melakukan peran yang ada di Telkom yaitu sebagai Data Analyst.

Harapan dan Kerjasama yang Berkelanjutan

Kunjungan ke Telkom Landmark Surabaya ini memberikan banyak insight dan wawasan baru bagi para anggota HIMTI. Diharapkan kerjasama antara D4 Teknik Informatika dan Telkom Landmark Merr tidak berhenti sebatas kunjungan industri ini, melainkan akan terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.

***

Penulis : Alvin Chandra

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR