VOKASI NEWS – Implementasi tata ruang perpustakaan yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Perpustakaan (PSP) di SMKN 5 Surabaya.
Aspek pembangunan yang memiliki pengaruh besar dan berperan untuk meningkatkan layanan ialah tata ruang di perpustakaan. Tata ruang perpustakaan yang baik akan membuat pengunjung merasa nyaman dan ingin terus mengunjungi perpustakaan. Berkaitan dengan hal itu, Mahasiswa PSP yang sedang magang di SMKN 5 Surabaya meluncurkan inovasi untuk perbaikan tata ruang di sekolah tersebut.
Inovasi Tata Ruang Perpustakaan
Mahasiswa Prodi D3 Perpustakaan memiliki kesempatan magang selama 3 bulan. Salah satu kelompok memperoleh tempat magang di SMKN 5 Surabaya sejak 29 Januari – 9 Mei 2024. Pada saat pelaksanaan magang perpustakaan mengalami perubahan pada tata ruang perpustakaan yang awalnya hanya mampu menampung 3-5 orang. Akan tetapi, dengan perubahan meja sekarang dapat menampung hingga 10-15 orang yang sedang membaca di tempat. Perubahan tata letak ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengunjung di ruang perpustakaan.
Langkah Mengubah Tata Ruang Perpustakaan
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengubah tata ruang perpustakaan. Pertama, mengubah tata letak rak dan meja baca dengan menggunakan aplikasi room planner. Tujuan menggunakan aplikasi tersebut ialah membantu merancang susunan ruangan agar dapat meningkatkan kenyamanan pengguna. Kedua, menyiapkan bahan untuk menghias ruangan. Adapun dalam konteks ini mahasiswa PSP menggunakan bahan styrofoam dan cat air yang dibeli di marketplace.
Gambar diatas merupakan kegiatan pewarnaan berwarna gold pada styrofoam abjad yang nantinya akan ditempel di atas dinding perpustakaan SMK Negeri 5 Surabaya. Proses ini bertujuan untuk memberikan sentuhan artistik dan mempercantik tampilan ruang perpustakaan agar lebih menarik dan nyaman bagi para pengunjung.
Mahasiswa PSP bekerja sama dengan Pak Yanto yang bertugas sebagai penjaga sekolah untuk menempelkan abjad di dinding atas perpustakaan. Proses ini melibatkan naik tangga dan menggunakan lemari agar dapat menempelkan abjad dengan tepat di dinding. Mahasiswa PSP memberikan arahan kepada Pak Yanto agar abjad dapat ditempelkan dengan lurus dan rapi. Caranya ialah menggunakan tali rafia sebagai panduan agar hasil akhirnya terlihat estetis dan teratur. Proses ini menunjukkan kerjasama tim yang baik dalam mengimplementasikan program inovatif di lingkungan perpustakaan
Menata Ulang Rak Buku dan Meja Baca
Langkah selanjutnya melakukan implemengasi program inovasi untuk perpustakaan SMKN 5 Surabaya dibantu oleh siswa SMK Negeri 5 Surabaya jurusan Kimia Analis. Proses pemindahan ini yang awalnya 4 rak buku bacaan menjadi 5 rak buku bacaan dan 4 rak buku pelajaranmenjadi 3 rak buku pelajaran. Pemindahan rak ini dilakukan agar ruang tengah dari perpustakaan menjadi lebih lebar supaya dapat mengatur meja baca untuk pemustaka yang ini baca ditempat.
Pada Kamis (15/2) mahasiswa PSP menata ulang meja yang ada di dalam Perpustakaan SMKN 5 Surabaya. Mulanya ada 6 meja yang berada di tengah ruangan. Kemudian oleh Mahasiswa PSP diubah dengan cara menyusun menjadi 2 buah meja yang saling berhadapan dan dipecah menjadi 3 sisi.
Perubahan tata letak meja ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengunjung di ruang perpustakaan. Awalnya, meja diletakkan di tengah ruangan dan hanya mampu menampung 3-5 orang. Namun, dengan penyesuaian ini, meja sekarang dapat menampung hingga 10-15 orang yang sedang membaca di tempat tersebut.
Membuat Kuesioner Survei
Dengan adanya survei ini, diharapkan dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam mengenai persepsi siswa terhadap perubahan yang telah dilakukan di perpustakaan sekolah.
Dari data survei yang telah dibuat, siswa-siswi SMKN 5 Surabaya menunjukkan respons positif terhadap perubahan tata ruang perpustakaan. Dengan sebanyak 70,1% siswa merasa nyaman dengan tata ruang baru, 25.4% siswa merasa cukup nyaman, dan hanya 1,9% siswa merasa kurang nyaman. Hal ini mengindikasikan bahwa mayoritas siswa sangat menyukai desain tata ruang perpustakaan yang baru dibandingkan dengan yang sebelumnya. Dengan penataan ruang yang baru, minat baca siswa dapat meningkat karena suasana yang lebih menyenangkan dan menarik, serta memberikan dukungan positif terhadap kegiatan membaca di perpustakaan.
Membuat Video Feedback
Langkah terakhir membuat video untuk mengetahui pendapat dari siswa/siswi SMKN 5 Surabaya setelah ada perubahan tata ruang yang sudah diimplementasikan. Harapannya video tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan partisipasi siswa dalam meningkatkan minat baca.
Proses pembuatan video ini diambil dari siswa-siswi yang aktif membaca buku dan meminjam buku di perpustakaan SMKN 5 Surabaya, video ini berisikan siswa siswi SMKN 5 Surabaya dari berbagai jurusan dan berbagai angkatan mulai dari kelas X, XI, dan XII.
***
Penulis : Nabila Amelia Putri
Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR