VOKASI NEWS – NPS atau Net Promoter Score adalah metode pengukuran loyalitas yang digunakan oleh organisasi profit dan nonprofit. Metode NPS dapat dikatakan sederhana tetapi dapat menunjukkan hasil yang akurat terkait dengan pertumbuhan organisasi. NPS dapat membantu organisasi dalam menemukan pengguna setia. Terdapat penelitian dan literatur tentang metode NPS yang digunakan oleh organisasi profit, sedangkan literatur tentang NPS pada organisasi non profit masih sangat kurang. Beberapa organisasi administrasi publik menggunakan metode NPS untuk mengukur loyalitas penggunanya. Pengukuran loyalitas pengguna perpustakaan dengan metode NPS khususnya di Indonesia masih jarang dibahas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skor NPS pengguna perpustakaan akademik negeri di Indonesia, hubungan antara loyalitas pengguna dengan skor NPS, dan hubungan kepuasan pengguna dengan NPS.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksplanatori, yang mengamati hubungan antara variabel kepuasan, loyalitas, dan NPS berdasarkan perkembangan penelitian sebelumnya dan teori-teori yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan PTN di Surabaya yaitu Perpustakaan A, Perpustakaan B, Perpustakaan C, dan Perpustakaan D.
Selengkapnya kunjungi : http://news.unair.ac.id/2021/04/06/pengaruh-kepuasan-dan-loyalitas-terhadap-net-promoter-score-di-perpustakaan-akademik-indonesia/