VOKASI UNAIR

Legislator Muda Sebagai Pelopor Mahasiswa Vokasi di Era Society 5.0

BLM Fakultas Vokasi mengadakan seminar yang bertema kan “Mewujudkan Legislator Muda Sebagai Pelopor Inovasi era Society 5.0.”

VOKASI NEWS – Peran penting legislator muda dalam memimpin transformasi kebijakan ditengah tantangan era Society 5.0.

Pada tanggal 4 November 2023, BLM Fakultas Vokasi mengadakan seminar yang bertema kan “Mewujudkan Legislator Muda Sebagai Pelopor Inovasi era Society 5.0.” Society 5.0 merupakan konsep revolusi sosial yang mendorong integrasi teknologi ke dalam setiap aspek kehidupan. Dalam konteks ini, peran legislator muda menjadi sangat krusial untuk memastikan bahwa pembentukan undang-undang dan kebijakan mencerminkan dinamika masyarakat yang berkembang pesat. Seminar legislatif menjadi wadah penting untuk menggali potensi dan mewujudkan peran pelopor legislator muda dalam mendorong inovasi di era Society 5.0.

Society 5.0 dan Tantangan Legislator Muda

Seminar ini dimulai dengan pembahasan merinci mengenai konsep Society 5.0 dan bagaimana perkembangan teknologi membentuk tatanan sosial baru. Tantangan yang dihadapi oleh legislator tersebut dalam menghadapi dinamika perubahan ini akan diuraikan dengan fokus pada kebutuhan adaptasi dan pemahaman mendalam terhadap isu-isu kontemporer.

Peran Legislator Muda sebagai Agen Perubahan

Dalam konteks inovasi, legislator muda memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan. Melalui seminar ini, peserta akan diajak untuk mendiskusikan bagaimana peran legislator dapat memimpin transformasi kebijakan menuju Society 5.0. Dengan memahami peran mereka sebagai perancang undang-undang, peserta akan diarahkan untuk mengidentifikasi peluang inovasi dan mengejar solusi yang relevan.

Penguatan Kapasitas dan Keterampilan Legislator Muda

Penguatan kapasitas dan keterampilan mereka sebagai legislator adalah kunci untuk mewujudkan peran mereka sebagai pelopor inovasi. Seminar akan menawarkan sesi pelatihan yang melibatkan praktisi dan pakar terkemuka dalam bidang hukum, teknologi, dan kebijakan. Peserta akan diberikan pemahaman mendalam tentang perkembangan teknologi terkini dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam proses legislatif.

Studi Kasus Keberhasilan di Era Society 5.0

Melalui studi kasus, seminar ini akan mengilustrasikan beberapa contoh legislator yang telah berhasil menjadi pelopor inovasi dalam pembentukan kebijakan. Partisipan akan mempelajari strategi dan langkah-langkah konkret yang dapat diadopsi untuk mencapai kesuksesan serupa di tingkat lokal maupun nasional.

Kolaborasi antara Generasi dalam Proses Legislatif

Seminar juga akan menyoroti pentingnya kolaborasi antara generasi dalam proses legislatif. Diskusi dan workshop akan memberikan platform bagi peserta untuk berbagi pandangan mereka, mendengar pengalaman legislator senior, dan menciptakan lingkungan kolaboratif yang mendukung pembentukan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

Melalui seminar legislatif dengan tema “Mewujudkan Legislator Muda sebagai Pelopor Inovasi Era Society 5.0,” diharapkan peserta akan menerima wawasan yang mendalam tentang peran krusial legislator dalam menghadapi perubahan masyarakat yang cepat. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang ditingkatkan, para generasi muda diharapkan dapat memimpin perubahan dan menjadi katalisator bagi inovasi dalam pembentukan undang-undang menuju masyarakat yang berpusat pada teknologi dan berkelanjutan.

BACA JUGA: Tingkatkan Literasi Anak TK Lintang Melalui “Tebak Fakta”

***

Penulis: Dimas Putra Pratama

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori