VOKASI UNAIR

Tingkatkan Literasi Anak TK Lintang Melalui Program “Tebak Fakta”

VOKASI NEWS – Dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi anak-anak, kelompok mahasiswa D3 Perpustakaan telah meluncurkan program inovatif yang menarik perhatian banyak orang, yaitu “Tebak Fakta”. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang literasi informasi kepada anak-anak TK Lintang.

Dalam era informasi yang semakin berkembang pesat, kemampuan literasi menjadi sangat penting. Anak-anak perlu memahami informasi yang mereka terima, mampu berpikir kritis, dan menghasilkan solusi yang baik. Melalui program “Tebak Fakta”, kelompok mahasiswa D3 Perpustakaan berharap dapat membantu anak-anak memperoleh kemampuan ini sejak dini.

Bagaimana Program Tebak Fakta Bekerja?

Dalam program ini, anak-anak akan diberikan serangkaian pertanyaan yang menantang. Mereka diminta untuk menentukan apakah pernyataan yang diberikan merupakan fakta atau opini dengan menjawab “YA” atau “TIDAK”. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan umpan balik yang informatif dan menjelaskan jawaban yang benar. Hal ini memungkinkan anak-anak untuk memperluas pemahaman mereka tentang literasi informasi.

Manfaat Program Literasi

Program Tebak Fakta memiliki manfaat yang sangat besar bagi perkembangan anak-anak. Selain meningkatkan kemampuan literasi, program ini juga berfokus pada pengembangan bahasa, komunikasi, dan membaca. Anak-anak akan diperkenalkan pada kata-kata baru, objek, dan gagasan, yang akan membantu mereka dalam memperluas kosa kata dan memahami konsep-konsep dasar. Selain itu, program ini juga membantu membangun minat dan cinta terhadap membaca, yang merupakan landasan penting untuk kesuksesan literasi di masa depan.

Program Tebak Fakta ini telah sukses diluncurkan oleh kelompok mahasiswa D3 Perpustakaan. Mereka sangat antusias dalam memberikan pemahaman literasi kepada anak-anak TK Lintang. Dengan memperkenalkan anak-anak pada keterampilan pemahaman teks, diharapkan mereka akan memiliki dasar yang kuat untuk belajar di masa depan.

Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi anak-anak TK Lintang, tetapi juga memberikan inspirasi bagi sekolah dan lembaga pendidikan lainnya untuk mengembangkan program serupa. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya literasi informasi, diharapkan anak-anak akan menjadi generasi yang cerdas dan mampu bersaing dalam era digital.

Penulis: Zahwa Aulianisa Firdaus dan Tim Implementasi Program

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori