VOKASI UNAIR

Mahasiswa Paravet Praktek Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu di Kediri

Foto Mahasiswa Paravet saat praktek pelayanan kesehatan hewan terpadu/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Mahasiswa Paravet Fakultas Vokasi Universitas Airlangga berkesempatan untuk praktek pelayanan kesehatan hewan terpadu bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kediri.

Kegiatan magang merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 6 D-III paramedis veteriner. Tujuan dari magang ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama studinya di lapangan. Magang juga merupakan wadah yang berguna untuk menimba ilmu yang tidak bisa didapat dari perkuliahan. Dengan magang, mahasiswa mendapatkan pengalaman dan wawasan tentang dunia kerja.

Layanan Pusat Kesehatan Hewan Kediri

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri merupakan pusat yang melayani masyarakat salah satunya dalam bidang peternakan. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri menyediakan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) sebagai pemberi layanan dalam kesehatan hewan kepada masyarakat. Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) adalah pusat layanan terhadap kesehatan hewan yang  di dalamnya dikelola oleh Bidang Peternakan Kabupaten Kediri.

Layanan tersebut termasuk dokter hewan, paramedis, dan staf administrasi. Hadirnya Puskeswan di Kabupaten Kediri dapat dijadikan pusat yang melayani masyarakat dalam bidang veteriner ataupun bidang peternakan. Layanan ini dapat digunakan untuk mengobati atau mencegah penyakit hewan maupun dalam hal untuk meningkatkan produksi dari sebuah peternakan. Dengan begitu, hal tersebut dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat di Kabupaten Kediri.

Pelayanan Kesehatan Hewan Bersama DKPP Kediri

Pelayananan kesehatan hewan terpadu merupakan kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh DKPP Kabupaten Kediri untuk hewan ternak. Salah satunya meliputi vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Pemberian Vitamin, Pemeriksaan kebuntingan, dan inseminasi buatan secara gratis. Pelayan kesehatan hewan terpadu hanya di beberapa desa tertentu.

BACA JUGA: Guest Lecture D4 Manajemen Perhotelan, Bahas Hospitality Insight

Seluruh tim puskeswan yang terdiri dari dokter hewan, paramedis dan mahasiswa D-III paramedik veteriner berkumpul di balai desa lalu melakukan briefing dan pembagian tim sesuai dengan total RT/RW di desa setempat. Tiap-tiap tim mengunjungi rumah peternak secara door to door di setiap rumah peternak dan melakukan pendataan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu juga memberikan rekam medis vaksinasi pmk jika dilakukan vaksinasi.

***

Penulis: Naufal Irfanshaqr

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori