Online Banner: Saluran Digital Marketing yang Menjadi Strategi Efektif untuk Menjangkau Audiens

VOKASI – Strategi Efektif menjangkau audiens melalui online banner yang menjadi saluran digital marketing terbaru.

Dalam era digital yang terus berkembang, pemanfaatan teknologi informasi dan sistem digital menjadi sebuah aspek yang sangat penting bagi semua sektor. Salah satu pemanfaatan teknologi yang sudah banyak dikenal adalah digital marketing. Digital marketing menjadi elemen yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis.

Penggunaan Online Banner

Salah satu tren terbaru dalam digital marketing yang semakin populer saat ini adalah penggunaan online banner untuk mempromosikan berbagai produk, layanan, dan merek. Online banner adalah gambar grafis yang biasa digunakan sebagai iklan di berbagai situs web atau aplikasi. Online banner menjadi alat yang sangat efektif untuk menarik perhatian audiens karena dapat menampilkan informasi yang menarik. Oleh karena itu, penggunaan online banner saat ini menjadi sebuah trend populer di dunia digital marketing.

Saat ini, penggunaan online banner menjadi strategi pemasaran digital populer dan sudah banyak digunakan oleh berbagai produk dan merek. Alasan utamanya adalah karena online banner menawarkan manfaat yang sangat menarik, salah satunya adalah kemampuannya dalam menjangkau audiens yang luas. Oleh karena itu pelaku bisnis dapat memanfaatkan online banner untuk meningkatkan brand awareness dan membangun citra merek.

BACA JUGA: Pengaruh Pemberian Terapi Akupunktur Terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi

Semakin meningkatnya jumlah orang yang menghabiskan waktu di internet, online banner telah menjadi alat yang sangat efektif. Ada pun online banner dapat ditempatkan di berbagai platform seperti media sosial, blog, atau situs berita untuk menjangkau pengguna yang beragam. Keberadaannya memungkinkan semua produk dan layanan untuk menyampaikan pesan mereka kepada audiens.

Keuntungan Bisnis di Era Digital

Melalui penggunaan teknologi yang semakin canggih, online banner dapat disesuaikan dan ditargetkan secara spesifik. Diukur berdasarkan demografi, minat, dan perilaku pengguna, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi kampanye pemasaran. Hal tersebut dapat memberikan keuntungan besar bagi bisnis. Hal itu karena dapat menjangkau konsumen potensial di berbagai lokasi dan pada berbagai waktu, sesuai dengan aktivitas online audiens. Dengan demikian, online banner tidak hanya meningkatkan visibilitas merek tetapi juga dapat menghasilkan interaksi yang lebih tinggi.

Salah satu hal yang sangat menarik dari online banner adalah fasilitas dan dukungan menarik yang menawarkan fleksibilitas dalam desain dan penempatan. Dengan berbagai format yang tersedia, seperti gambar, animasi, atau video, membuat online banner dapat menyesuaikan iklan untuk menciptakan dampak visual yang diinginkan. Selain itu, online banner juga dapat ditempatkan di berbagai posisi strategis seperti halaman web, header, aplikasi, atau di dalam konten, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan dilihat oleh pengguna.

Contoh Online Banner

Berikut adalah beberapa contoh dari online banner:

  1. Pop-Up Banner

Pop-up banner adalah jenis iklan atau pesan visual yang muncul secara tiba-tiba di dalam jendela browser, website, atau aplikasi. Biasanya, pop-up banner muncul untuk menarik perhatian pengguna dan mempromosikan sesuatu seperti produk, layanan, acara, atau informasi penting. Secara ukuran, pop-up banner biasanya memiliki ukuran yang relatif kecil, agar tidak menghalangi terlalu banyak konten pada halaman web.

  1. In-App Banner

In-App Banner adalah salah satu bagian dari online banner yang berupa elemen visual atau pesan yang ditampilkan di dalam aplikasi seluler untuk tujuan pemasaran atau promosi. In-App Banner dapat berupa gambar, teks, tombol, atau kombinasi dari semuanya. Tujuan utama In-App Banner adalah menarik perhatian pengguna aplikasi dan mendorong mereka melakukan tindakan tertentu, seperti mengklik tautan, mengunduh aplikasi lain, atau mengikuti penawaran khusus.

  1. Ads Banner

Ads banner adalah jenis iklan grafis berbayar yang biasanya ditempatkan di halaman web dan sosial media. Banner ini umumnya berbentuk persegi panjang dan dapat berisi gambar, teks, atau animasi. Tujuannya adalah menarik perhatian pengguna dan mengarahkan mereka untuk mengklik iklan tersebut, yang kemudian membawa mereka ke halaman lain atau situs web pengiklan. Ads banner sering digunakan dalam strategi pemasaran online untuk meningkatkan visibilitas merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web, atau mempromosikan produk dan layanan.

***

Penulis: Aap Muhammad Syafi’i

Pembimbing: Rizka Miladiah Ervianty

Program Studi: Manajemen Pemasaran

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR