Pelatihan Implementasi Pemasaran Digital Optimalisasi Nilai Produk UMKM Aisyiyah Rungkut Surabaya

VOKASI – Pelatihan implementasi pemasaran digital optimalisasi nilai produk UMKM Aisyiyah Rungkut Surabaya.

Dalam rangka meningkatkan nilai produk UMKM di era digital, Pimpinan Cabang Aisyiyah Rungkut Surabaya menggelar Pelatihan Implementasi Pemasaran Digital. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Minggu (28/7). Acara yang berlangsung di MI Muhammadiyah 27, Rungkut, Surabaya ini dihadiri oleh puluhan peserta yang antusias belajar pemasaran. Mulai dari foto produk, desain kemasan, dan desain konten.

Elsha Sophia, S.EI., M.SEI., sebagai pemateri pertama sekaligus ketua pengabdian masyarakat, memaparkan pentingnya mempersiapkan UMKM dalam platform digital.

“Di era digital ini, pemasaran yang efektif melalui media online sangat penting bagi keberlangsungan dan kesuksesan UMKM. Dengan strategi yang tepat, produk dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan,” jelas Elsha.

Selanjutnya, Alifian Sukma, S.Kom., M.Kom., memberikan materi tentang desain grafis. Desain grafis dimaksudkan untuk kebutuhan platform marketplace dan media sosial. Dalam sesinya, Alifian menekankan pentingnya desain yang menarik dan profesional untuk meningkatkan daya tarik produk di mata konsumen.

Pelatihan Foto Produk

Sesi pelatihan yang paling dinantikan adalah tentang proses mempersiapkan foto produk yang baik untuk media sosial, yang disampaikan oleh Hanif Fadhillah, S.A., M.S.EI. Peserta terlihat sangat antusias dan aktif berpartisipasi, menyerap setiap informasi yang disampaikan dengan baik.

[FOTO: Pendampingan langsung oleh mahasiswa D4 Perbankan dan Keuangan kepada para peserta pelatihan yang merupakan pemilik UMKM]

Setelah sesi materi, kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan teknis oleh mahasiswa prodi D4 Perbankan dan Keuangan, Vokasi, Universitas Airlangga. Para peserta praktik langsung dalam proses pengambilan gambar foto produk, yang kemudian diedit menggunakan aplikasi Canva. Proses bimbingan ini memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi peserta dalam mempersiapkan konten digital mereka.

“Alhamdulillah, sudah banyak masukan yang kami dapat mulai dari cara menggunakan marketplace, menggunakan media sosial untuk promosi, dan langsung praktik menyiapkannya. Semoga mampu meningkatkan penjualan kami selanjutnya,” ujar Bu Zulfiah, salah satu peserta pelatihan, penuh harap.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan signifikan bagi perkembangan UMKM di wilayah Rungkut, Surabaya, sehingga mampu bersaing di era digital dengan lebih percaya diri dan strategi yang lebih matang.

BACA JUGA: Pengaruh Pemberian Terapi Akupunktur Terhadap Perubahan Tekanan Darah Penderita Hipertensi

***

Penulis : Alifian Sukma