Tips Menjaga Kepuasan Pasien di Instalasi Radiologi Rumah Sakit

VOKASI NEWS – Tips menjaga kepuasan pasien di instalasi radiologi rumah sakit dengan cara seperti ini.

Kesuksesan suatu rumah sakit bergantung pada kepuasan pasien. Pihak penyedia layanan kesehatan tidak boleh mengabaikan aspek ini. Pasien akan merasa puas dan dihargai dengan layanan yang baik dan tepat. Selain itu, hal ini dapat membantu menarik pasien baru untuk memeriksa kesehatannya, karena mereka pasti akan kembali untuk memeriksa jika diperlukan, dan bahkan merekomendasikan kepada sahabat dan keluarga mereka.

[BACA JUGA: Waspada! Inilah Bahaya Infeksi Saluran Kemih yang Jarang Diketahui]

Beberapa faktor dapat meningkatkan kepuasan pasien di Radiologi. Ini termasuk perilaku karyawan, komunikasi petugas medis, kebersihan fasilitas umum, pelayanan administrasi, dan ketersediaan peralatan. Keseluruhan komponen tersebut harus selalu diperiksa, diperbaiki, dan dijaga. Mungkin ada peningkatan statistik dalam jumlah pasien yang datang ke rumah sakit jika semuanya diterapkan dengan baik dan berjalan lancar. Hal ini pasti menghasilkan bagi semua penyedia layanan kesehatan. Sebaliknya, jumlah kunjungan pasien dapat menurun drastis jika faktor-faktor tersebut tidak diperhatikan.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, berikut adalah beberapa saran yang dapat menjaga kepuasan pasien.

Membangun Kedekatan Psikologis dengan Pasien

Apabila petugas medis, baik dokter maupun radiographer di rumah sakit, dapat berinteraksi dengan baik dengan pasien mereka, setiap pasien akan merasa diperhatikan dan dihargai. Mengetahui pasien Anda terlebih dahulu dapat membangun kepercayaan dan komunikasi yang baik. lakukan kontak mata dengan pasien setiap kali Anda berbicara dengannya agar mereka merasa lebih dihargai. Pada saat melakukan pemeriksaan, jangan gunakan bahasa yang terkesan menakut-nakuti karena akan membuat pasien takut dan resah. Berbicaralah dengan bahasa yang baik dan benar tetapi tetap santai agar pasien dari berbagai kalangan dapat memahaminya. Dengan cara ini, Anda akan membuat mereka nyaman ketika mereka melakukan pemeriksaan kesehatannya.

Memberikan Pelayanan dengan Cepat

Bagi pasien, pelayanan rumah sakit yang lambat menjadi tantangan tersendiri, terutama jika pasien sedang dalam kondisi kritis dan membutuhkan perawatan segera. Mereka akan berpikir dua kali untuk pergi ke rumah sakit. Tanggapi panggilan pasien dengan cepat. Bagaimana kepuasan pasien ditentukan oleh seberapa cepat panggilan ditangani. Di sini, radiografer harus lebih menghargai waktu mereka untuk memberikan respons yang baik kepada setiap pasien.

Menjaga Lingkungan Rumah Sakit

Salah satu indikator penting yang harus selalu diperhatikan adalah lingkungan rumah sakit. Dimulai dari resepsionis, ruang tunggu, kamar mandi, dan area luar ruangan lainnya, penyedia layanan kesehatan harus selalu menjaga kebersihan dan keasrian. Tingkatkan kenyamanan pasien dan pengunjung dengan menyediakan berbagai fasilitas, seperti TV di ruang tunggu atau ruang pemeriksaan pasien, suhu yang nyaman, dan lainnya. Setiap rumah sakit yang memiliki fasilitas umum yang memadai dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Memperbaiki Sistem Manajemen dan Sistem

Manajemen rumah sakit yang baik menghasilkan sistem pelayanan kesehatan yang minim kesalahan. Kinerja dokter, radiografer, dan karyawan di rumah sakit juga dapat dipengaruhi oleh manajemen dan administrasi yang tertata. Tidak diragukan lagi, sistem yang tidak teratur dapat mengganggu rutinitas operasi rumah sakit. Hal ini dapat berdampak negatif pada pelayanan, dan pasien adalah korbannya. Tingkat kepuasan pasien akan menurun dengan sendirinya jika sistem tersebut tidak dijalankan dengan baik.

Kepuasan pasien sangat penting untuk meningkatkan kunjungan dan menjaga kepuasan pasien lama dan menarik pasien baru untuk menggunakan layanan kesehatan radiologi dimasa yang akan dating saat pasien membutuhkan. Selain mempertahankan reputasi yang baik, kualitas layanan juga harus terus ditingkatkan seiring perkembangan masyarakat.

Demikian tips menjaga kepuasan pasien di rumah sakit.

***

Nama Penulis              : Halilur rahman

Nama Pembimbing      : Berliana Devianti Putri, Mas Winarto.

Program Studi             : D IV Teknologi Radiologi Pencitraan

Editor                          : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR