VOKASI UNAIR

Upaya Integratif untuk Pekerja Obesitas sebagai Langkah Penurunan Body Mass Index di Sektor Manufaktur 

Langkah Penurunan Body Mass Index di Sektor Manufaktur/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Langkah penurunan body mass index di sektor penurunan di sektor manufaktur sebagai upaya integratif untuk pekerja obesitas.

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang ada di masyarakat umum. Obesitas dapat menyebabkan terhambatnya aktivitas seseorang disebabkan karena  kelebihan berat badan. Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja bekerja sama dengan PT SC Johnson Manufacturing Surabaya untuk menurunkan angka obesitas pekerja. Kerjasama tersebut dilakukan melalui program pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan 3 tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

Tahap persiapan dilakukan pada Bulan Maret s/d Juni 2023. Pada tahap awal itu tim melakukan rapat koordinasi dengan PT. SC Johnson Manufacturing Surabaya. Melalui rapat tersebut tercetus ide, jadwal, dan sasaran program. Usai rapat dilakukan, tim pun menyiapkan kuesioner pre-test dan post-test. Dua instrumen itu disusun bersamaan dengan pembuatan materi dan e-book.

Tahap Pelaksanaan masyarakat dilaksanakan dengan ceramah dan diskusi tanya jawab pada tanggal 12 Juli 2023 yang dihadiri sebanyak 119 orang pekerja PT SC Johnson Manufacturing Surabaya. Acara ini dimoderatori oleh Ibu Indah Lutfiya, S.KM., M.Kes. Sedangkan, materi diberikan oleh Ibu Ratih Damayanti, S.KM., M.Kes. Materi yang diberikan berisi definisi obesitas, bagaimana cara melakukan pengukuran obesitas, dampak obesitas terhadap kesehatan dan cara menanggulangi dan mencegah terjadinya obesitas. 

Evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara pengisian kuesioner pre-test yang diberikan kepada peserta sebelum penyuluhan dan kuesioner post-test setelah penyuluhan selesai. Hasil yang didapatkan adanya peningkatan pengetahuan para pekerja secara signifikan terhadap obesitas dan penanggulangannya. Selanjutnya, PT SC Johnson Manufacturing Surabaya melakukan upaya dan langkah penurunan body mass index dengan mengadakan olahraga rutin dan lomba “Penurunan Berat Badan” yang akan dievaluasi pada akhir tahun 2023. 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori