Pemanfaatan Lemon, Saffron, Telang dalam Makanan dan Minuman Sebagai Produk Wirausaha dimasa WFH

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melaksanakan pertemuan rutin online melalui zoom meeting pada hari jumat, 29 Januari 2021. Pertemuan DWP kali ini sukses dilaksanakan melalui kolaborasi penyelenggara dari dua program studi, Umi Farichah Bascha, SE., MM. yang merupakan Dosen program studi D-III Manajemen Perhotelan hadir sebagai penyelenggara pada kegiatan Workshop Pemberdayaan Pekerja Selama WFH dan memaparkan materi Produk Wirausaha dengan memanfaatkan bahan alam untuk pembuatan makanan dan minumanserta kegiatan dipandu oleh Master of Ceremony (MC) Ibu Nasa Zata Dina, S.Kom., M.Kom., M.Sc. selaku penyelenggara dari program studi Sistem Informasi. Diawali dengan menyanyikan Hymne DWP selanjutnya pertemuan dibuka oleh ibu Dr. Nove Anwar, drh., M.Kes selaku Ketua DWP Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, kemudian dilanjutkan acara utama yaitu workshop.

Figure 1. Rekaman pertemuan DWP Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

     Workshop dimulai dengan memaparkan terminology Afternoon tea dan Butter cake. Resep yang diberikan pada workshop ini menggunakan tema Afternoon Tea yang dipopulerkan para bangsawan Inggris sejak tahun 1660an. Afternoon tea merupakan kegiatan makan ringan di sore hari dengan meminum teh. Makanan ringan yang disajikan diantaranya adalah finger food, cookies, dan potongan kue kecil serta sandwich. Pemilihan tema afternoon tea cocok dengan resep yang dibawakan bu Umi, yaitu Lemon Butter Cake, serta teh bunga dan rempah.

     Lemon butter cake diolah dengan teknik yang sedikit berbeda dengan sponge cake yang lebih popular. Sponge cake diawali dengan pengolahan telur, sedangkan butter cake diolah dengan butter sebagai bahan utamanya dan gula dicampur hingga berwarna pucat dan mengembang. Lemon juice digunakan dalam resep ini untuk rasa dalam butter cake ini untuk mendapatkan rasa alami dan tentunya penggunaan bahan alam. Bahan alam lainnya adalah bunga telang, bunga saffron, dan bunga mawar, yang disajikan dalam bentuk teh. Resep pertama adalah “Fragrant Tea” yang terdiri dari percampuran saffron water, susu serta telang, diberi topping flower ice cube. Flower ice cube merupakan es batu yang diberi bunga kering yang bisa dikonsumsi sebagai teh serta air madu clover (madu yang berasal dari bunga clover).

Figure 2. Flower Ice Cube

     Resep minuman kedua adalah “Bahraini Tea” dengan percampuran teh mawar serta saffron water ditambah dengan cardamom dan disajikan hangat, cocok untuk menghangatkan tubuh saat hujan di sore hari. “Gold Saflon Tea” merupakan perpaduan saffron water, chia seeds serta potongan lemon memberikan rasa segar. Tak lupa diberi topping flower ice cube dan dipercantik dengan gold flakes. Ibu Umi juga telah mengupload video tutorial beserta resep ke kanal YouTube pribadi beliau agar dapat dikunjungi kembali oleh ibu-ibu DWP dan masyarakat luas. Workshop ditutup dengan sharing pengalaman berwirausaha ibu Umi di platform Instagram, dimana beliau menawarkan kue dengan bunga yang terbuat dari butter cream sebagai dekorasi. Workshop ditutup dengan sharing pengalaman ibu Umi berwirausaha melalui akun Instagram @Jemberflowercake diharapkan para pekerja WFH dapat produktif dengan menawarkan produk secara online.

Figure 3. Semua video tutorial serta resep ada di YouTube Kanal Ibu Umi Farichah Bascha

     Selain kegiatan workshop, pertemuan bulan Januari 2021 ini juga memiliki agenda utama lainnya yaitu Pemaparan hasil rapat kerja DWP Fakultas Vokasi Universitas Airlangga tahun 2021 yang disampaikan oleh Ibu Eva Inaiyah Agustin, S.ST., M.T. Setelah agenda utama selesai dipaparkan, selanjutnya berdo’a dipandu oleh Ibu Nur Emma Suriani, S.Sos., M.Si. Kemudian seluruh pengurus dan anggota DWP menyanyikan Mars Dharma Wanita Persatuan dan pertemuan rutin pun ditutup oleh MC.

Share on

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart