VOKASI UNAIR

Mahasiswa Manajemen Perhotelan mengikuti Workshop User Experience iWareBatik

VOKASI NEWS – Mahasiswa Manajemen Perhotelan khususnya Angkatan 2020 berpartisipasi dalam Workshop iWareBatik User Experience yang diisi oleh Puspita Ayu Permatasari, PhD (cand.) pada 15 September 2021. Beliau saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di USI UNESCO Chair, UniversitaÌ€ della Svizzera Italiana, Switzerland. Kegiatan ini juga didukung oleh Caventer, Kanca Nusantara, Milangkori, Pesonadesa.id serta beberapa pegiat pariwisata Indonesia. Wakil dekan I Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Ibu Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si. memberikan sambutan pada workshop User Experience iWareBatik, beliau menyampaikan harapan untuk terus terjalin Kerjasama dengan UniversitaÌ€ della Svizzera Italiana.

Workshop yang berlangsung pada pukul 14.00–16.45 WIB ini berbicara tentang aplikasi iWareBatik yang merupakan platform berisi informasi seputar batik, sejarah, nilai-nilai filosofisnya, serta destinasi wisata yang menawarkan pengalaman belajar membatik secara langsung. Workshop ini juga memfasilitasi penggunanya untuk memberi ulasan secara langsung melalui kuesioner-kuesioner yang telah disiapkan yang nantinya akan dijawab para responden sembari mengakses aplikasi tersebut. Workshop ini juga menampung review responden untuk pemutakhiran aplikasi iWareBatik tersebut.

Sebanyak 30 mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan mengikuti kegiatan secara antusias. “Workshop iWareBatik ini cukup menarik buat saya. Sebagai mahasiswa yang juga berkecimpung di ranah kepariwisataan, saya merasa wawasan dan pengetahuan saya bertambah, terutama pengetahuan tentang batik beserta nilai-nilai filosofisnya. Selain itu Workshop ini juga bermanfaat dalam pengembangan kepariwisataan Indonesia, karena batik itu sendiri merupakan daya tarik yang sangat digandrungi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.” Ungkap Sadila Hidayati.

Kegiatan Workshop berjalan dengan baik dan menghasilkan diskusi-diskusi yang menarik pula dan tentunya akan menambah wawasan mahasiswa D3 Manajemen Perhotelan yang juga dasar-dasar ilmunya berkaitan dengan kepariwisataan. Kerjasama USI UNESCO dengan Universitas Airlangga terjalin melalui peers salah satu dosen program studi Manajemen Perhotelan. “Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada Founder Caventer, mbak Fitri yang telah menghubungkan saya dengan pihak iWareBatik, sehingga workshop ini terlaksana dengan baik. Merupakan sebuah kehormatan dapat berpartisipasi pada pengembangan aplikasi yang mendukung keberlangsungan kebudayaan Indonesia. Khususnya Batik yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober nanti, kegiatan ini memberikan pengalaman dan membuka wawasan mahasiswa kami lebih luas lagi mengenai budaya Indonesia.” Ungkap Bu Umi Farichah Bascha, SE., MM., CHE yang merupakan dosen Manajemen Perhotelan. Koordinator Program Studi Manajemen Perhotelan Dian Yulie Reindrawati S.Sos, MM, PhD juga turut hadir dalam workshop bersama Jiwangga Hadi Nata S.E., M.SM.

 

Penulis: Sadila hayati

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!