VOKASI UNAIR

Waxing Ortho & Competition

VOKASI NEWS – Prodi Teknik Gigi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) sukses menyelenggarakan salah satu program tahunan mereka yaitu Waxing Ortho Competition 2021. Acara yang digelar secara online ini diikuti oleh puluhan mahasiswa teknik gigi dari berbagai universitas.

Rangga Mahendra selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Gigi mengatakan bahwa acara ini merupakan agenda tahunan sejak tahun 2016. Menurutnya, tahun ini panitia acara meningkatkan kualitas kompetisi dalam hal teknis acara dan juga keketatan karena pertama kalinya berlangsung secara online.

“Kami bersyukur peserta yang berpartisipasi juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, untuk kompetisi waxing ada 13 peserta, Ortho 26 peserta dan Galgit ada 17 peserta,” ucap Rangga.

Dibagi dalam tiga perlombaan yaitu waxing , Ortho dan Galgit, kompetisi ini fokus mengasah kreatifitas mahasiswa dalam menciptakan inovasi baru dalam bidang kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, salah satu tujuan diadakannya acara adalah sebagai sarana silaturahmi antar mahasiwa Teknik Gigi.

“Pada kesempatan ini, mahasiswa Teknik Gigi dari berbagai universitas bisa bertemu lagi walaupun secara online. Tentu saja hal ini juga merekatkan hubungan antar universitas,” jelas Rangga.

Acara dibuka dengan technical meeting dan sambutan. Kemudian diisi dengan menyanyikan Indonesia Raya dan video K3, lalu pembacaan peraturan saat perlombaan berlangsung. Setelah itu, para peserta masuk ke breakout room dan memulai sesi perlombaan.

Peserta kompetisi waxing diminta untuk membuat model malam gigi dengan kriteria tertentu yang ditetapkan panitia. Lalu untuk ortho, peserta fokus pada pembuatan peranti lepasan adams. Sementara itu untuk Galgit sendiri hanya fokus pada pembuatan galgit saja. Setelah itu, panitia menilai hasil kreatifitas para peserta sesuai kriteria penilaian yang ada.

Kompetisi waxing berhasil dimenangkan oleh Rian Hidayat mahasiswa D3 Teknik Gigi Unair juara I, disusul Regina Aqta dari Poltekkes Jakarta II sebagai juara II dan Vindi Aditya dari Polteknik Hangtuah Jakarta sebagai juara III. Selanjutnya untuk kompetisi ortho, juara I, II, dan III diraih oleh mahasiswa D3 Teknik Gigi UNAIR. Dan Galgit dimenangkan oleh Risa Handrayani mahasiswa D3 Teknik Gigi Unair juara I, disusul Desi Yuli dari Poltekkes Tanjung Karang juara II, lalu juara III dimenangkan oleh Regina Aqta dari Poltekkes Jakarta II.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!