VOKASI UNAIR

Membentuk Mahasiswa Pariwisata yang Berkompeten melalui Kegiatan PKL

VOKASI NEWS – Mahasiswa Prodi Pariwisata Universitas Airlangga melakukan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan, setelah ditunda selama 2 tahun pada selasa malam (11/01/2022). Dalam kegiatan ini, mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 melaksanakan PKL untuk yang pertama kali. Tidak heran mereka merasa gugup dan kagetselama kegiatan berlangsung.

“Kegiatan PKL ini dilakukan bertujuan untuk melatih mahasiswa pariwisata agar terbiasa menghandle wisatawan” ujar Syafril Athink salah satu dosen pariwisata.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa pariwisata angkatan 2019 di tunjuk sebagai tender yang menawarkan beberapa paket wisata. Dari beberapa tender, akhirnya tim THE EAST terpilih sebagai pemenang tender. PKL tahun 2022 diadakan selama 4 hari 3 malam di provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta yang meliputi kota Semarang, kota Solo, dan kabupaten Karanganyar. Serta di provinsi Jawa Timur yaitu kabupaten Magetan. Mahasiswa 2020 ditugaskan untuk membuat laporan dan project video beberapa mata kuliah di setiap obyek wisata yang dikunjungi. Obyek wisata yang dikunjungi antara lain Kota lama Semarang, Lawang Sewu, Candi Gedong Songo, Kota Gede, Rumah Atsiri dan Telaga Sarangan. Disetiap obyek wisata yang dikunjungi, mahasiswa mengobservasi kondisi sosial humaniora. Adapun mahasiswa yang membuat kenangan manis dengan mengabadikan momen yang tak terlupakan. Tak heran, prodi pariwisata dianggap menarik karena proses belajar-mengajar sambil jalan-jalan. Sebagai mahasiswa pariwisata tidak terfokus pada jalan-jalan tetapi harus memahami aspek yang  terkadung dalam setiap komponen perjalanan wisata. Mahasiswa dituntut memberikan informasi yang jelas dan akurat. Disamping itu, mahasiswa secara tidak sadar mendapatkan pengalaman dalam menangani  wisatawan. Kegiatan praktik kuliah lapangan ini berguna untuk membekali kemampuan mahasiswa mengenai bidang pariwisata.

Koordinator prodi kepariwisataan Universitas Airlangga M. Nilzam Aly S.Hum., M.Sc. menjelaskan bahwa sebagai tour leader sudah seharusnya mengetahui dan memberikan informasi yang dapat dijamin kebenarannya agar wisatawan tidak mendapatkan informasi yang salah. Setelah melakukan kegiatan praktik kuliah lapangan diharapkan mahasiswa memiliki bekal kemampuan yang cukup untuk dapat terjun langsung kedalam bidang pariwisata.

Penulis : Andi Muhammad Kevin Annaufal Alivian

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!