VOKASI UNAIR

Dosen UNAIR Tanggapi Pembukaan Pariwisata Saat Libur Lebaran

VOKASI NEWS – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sejumlah destinasi wisata mempersiapkan diri menyambut wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Senada dengan hal itu, Novianto Edi Suharno, SST.Par., M.Si. dosen D3 Pariwisata Universitas Airlangga (UNAIR) menyampaikan perspektifnya terkait pembukaan destinasi wisata.

“Pada dasarnya destinasi wisata jumlah pengunjungnya relatif bisa dikontrol dan cenderung berpotensi menjadi tempat kerumunan. Oleh karena itu harus ada kontrol pengunjung dan menerapkan prokes serta pengawasan dalam prokes,” papar Novianto, Jumat (16/4/2021).

Pembukaan destinasi wisata juga bagian dari kebijakan pemerintah setempat kota/kabupaten dengan pertimbangan kondisi lingkungan. Terkait pembukaan tempat wisata itu, Novianto menekankan controlling. Menurutnya, langkah preventif untuk penularan penyebaran virus juga harus ada upaya kontrol dari pengelola destinasi wisata.

Ia menyebutkan, pertama, ada pengetatan pengawasan prokes. Kedua, carrying capacity. Sehingga, sektor ekonomi dan sektor kesehatan bisa berjalan beriringan. Dengan serentak mematuhi protokol kesehatan, ekonomi bisa pulih, rakyat sehat dan selamat.

Lebih lanjut, Novianto menjelaskan secara luas mengenai pengetatan pengawasan prokes yakni menambah Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas mengawasi dan mengontrol melalui CCTV serta harus ada sanksi bagi yang melanggar.

Selengkapnya kunjungi Unair News

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!