VOKASI UNAIR

Museum Monumentation: A Fight for R.A Kartini Identity as A Tourist Attraction

VOKASI NEWS – PENULIS: Dr. Rahmat Yuliawan, SE., M.M dan M. Nilzam Aly, S.Hum., M.Si

Identitas sebuah tempat telah menjadi penelitian tematik bagi peneliti pariwisata. Identitas sebuah tempat menjadi sangat penting bagi originalitas suatu objek wisata yang menjadikannnya berbeda dengan tempat lainnya. Termasuk dalam hal ini adalah museum yang dianggap sebagai objek wisata. Ketika museum dianggap sebagai produk, perhatian harus diberikan pada produk inti dan produk tambahan. Bisa dipahami bahwa produk inti dari sebuah museum adalah koleksi benda-benda bersejarah dengan tema-tema tertentu. Tujuan utama dari sebagian besar museum adalah untuk menghubungkan narasi-narasi sejarah yang bernilai dengan menunjukkan urutan peristiwa dalam urutan yang koheren dan bisa dikonsumsi dengan mudah oleh publik.

Sayangnya muncul masalah dalam pengelolaan museum yang memiliki kesamaan identitas namun otoritas yang berbeda dalam sebuah proses monumentasi. Kesamaan identitas yang mencolok adalah penamaan museum sebagai sebuah brand identity, dengan nama Museum R.A Kartini. Museum R.A Kartini berada di dua wilayah berbeda, satu di Kota Rembang yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Rembang dan yang satunya berada di Kota Jepara yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Jepara. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat hasil proses monumentasi dari Museum R.A Kartini  mempengaruhi persepsi dan interpretasi masyarakat luar Rembang dan Jepara  terhadap identitas suatu tempat (place identity).

Hasil kuesioner menunjukkan bahwa Kota Jepara dianggap oleh mayoritas responden lebih identik sebagai “Kota Kartini” jika dibandingkan dengan Kota Rembang Sebanyak 45 responden yang berasal dari luar Jepara dan Rembang menganggap bahwa Museum R.A Kartini hanya ada di Kabupaten Jepara dan sebanyak 28 responden menganggap bahwa Museum R.A Kartini hanya ada di Kabupaten Rembang.

Selengkapnya kunjungi : http://news.unair.ac.id/2020/05/04/persepsi-masyarakat-terhadap-identitas-r-a-kartini-dalam-proses-monumentasi-museum/

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!