VOKASI UNAIR

Penyelenggaraan Skill Training 101 (STRAIN 101) “Level Up Your Personal Branding”

VOKASI NEWS – Skill Training 101, atau yang biasa disingkat STRAIN 101, adalah acara yang diselenggarakan oleh HIMA D3 Sistem Informasi, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. Sesuai namanya, STRAIN 101 bertujuan untuk mengasah skill teknis yang tidak dipelajari pada saat kuliah, tetapi sangat berpengaruh besar dalam dunia kerja. Fokus lain dari acara ini adalah agar transisi dari mahasiswa ke dunia kerja bisa dilakukan dengan baik.

STRAIN 101 tahun ini mengusung tema “Level Up Your Personal Branding” yang memiliki arti menaikkan tingkat personal branding-mu. Dengan dipilihnya tema ini, diharapkan mahasiswa bisa memiliki personal branding yang lebih baik, sehingga hard skill yang dimiliki mahasiswa dapat “dijual” ke industri yang memerlukan. STRAIN 101 diadakan pada hari Sabtu (23/04/2022) yang dimulai pada pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting dan dimoderatori oleh Gamas Namara Akbar, mahasiswa D3 Sistem Informasi.

STRAIN 101 mengundang pembicara yang sangat berpengalaman di bidangnya, yaitu Virsandra Bella Safira, seorang HR sekaligus Operations Recruiter di Shopee Indonesia. Kak Virsa memberi banyak sekali penjelasan tentang personal branding yang dilihat dari perspektif beliau sebagai Recruiter, sehingga banyak sekali materi yang mahasiswa dapatkan. Beberapa diantaranya seperti career starter kit, job searching strategy, networking, dan interview preparation.

Potret zoom meetings STRAIN 101 pada Sabtu (23/04/2022). (Foto:Muhammad Nabil A.)

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana STRAIN 101, Erga Viranda Ramsya, mahasiswa D3 Sistem Informasi (SI) tahun 2021. Lalu dilanjutkan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa D3 SI, yaitu Made Baihaqi Aji Kumuda. Sambutan ketiga yaitu oleh Ketua Prodi D3 SI, Bapak Rachman Sinatriya Marjianto, B.Eng., M.Sc. dan sambutan terakhir oleh Pembina HIMA D3 SI sekaligus dosen, Ibu Tesa Eranti Putri , M.Kom S.Kom.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan oleh materi yang dipaparkan Kak Virsa selama 50 menit dan diteruskan oleh sesi tanya jawab terkait materi yang diberikan selama 20 menit. Antusiasme tinggi dari para peserta mahasiswa D3 Sistem Informasi dapat dilihat dari pertanyaan – pertanyaan yang mereka lontarkan terkait pentingnya personal branding dan persiapan menuju dunia kerja. Acara ini ditutup dengan penyerahan e-sertifikat secara simbolis kepada Kak Virsandra Bella Safira sebagai pembicara Skill Training 101 (STRAIN 101), serta dokumentasi dengan seluruh peserta acara STRAIN 101 tahun 2022.

Penulis : Muhammad Nabil Alif, Sabrina Fitri Puspitasari

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!