VOKASI UNAIR

HIMA D-III Perpustakaan Gelar Baksos Ramadhan

VOKASI NEWS – Bulan Ramadhan banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan. Salah satunya dengan menggelar acara Bakti Sosial. Bakti Sosial merupakan kegiatan sosial yang dilakukan di Panti Asuhan yang tergolong masih dalam pengembangan, baik sarana maupun prasarana. Kegiatannya berupa donasi uang, sembako, memberikan  pembelajaran umum dan hiburan lainnya. Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial untuk dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat, khususnya di lingkungan Panti Asuhan. Acara ini merupakan program kerja yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun sekali di Bulan Ramadhan. Tahun ini Himpunan Mahasiswa D-III Perpustakaan UNAIR menyelenggarakan acara baksos di Panti Asuhan Yatim Cahaya Insani Surabaya. (23/04/2022)

Acara bakti sosial mengusung tema yaitu “Join With Everyone for Sharing Our Love in Ramadhan (Joyfull in Ramadhan)”, yang berarti bergabung dengan semua orang untuk berbagi cinta kami (sukacita) di Bulan Ramadhan. Kegiatan bakti sosial merupakan wujud kepedulian untuk membantu anak-anak dan menghiburnya dengan sukacita. Pada acara ini diikuti 30-40 anak-anak Panti Asuhan. Seluruh rangkaian acara disusun dengan rapi dan menarik agar tidak membosankan, dikarenakan acaranya diselenggarakan saat pagi hari pada pukul 09.00-10-00 WIB. Adapun susunan acaranya seperti pembukaan MC, sambutan (KAHIMA, Ketua Pelaksana, Pengurus Panti Asuhan), penyampaian materi, games, penyerahan donasi dan bingkisan, dan penutupan serta foto bersama.

Pengurus Panti Asuhan Yatim Cahaya Insani Surabaya, Ibu Khusniatul Ma’arif selaku perwakilan dalam sambutan juga menyampaikan, “Terima kasih yang telah menyempatkan waktunya di Panti Asuhan Yatim Cahaya Insani Surabaya.” Lalu menceritakan sedikit sejarah berdirinya Panti Asuhan.  

Foto 2 Ibu Khusniatul Ma’arif  menyampaikan sambutan

Sedikit cerita tentang pengujung acara yaitu kita para Mahasiswa berinisiatif untuk mengajak anak-anak Panti Asuhan untuk membuat video Tiktok yang sedang trend. Saat itu, anak-anak sangat senang dan bersemangat karena banyak yang mengetahui gerakannya. Setelah itu, kita foto bersama untuk menambah kenang-kenangan.

Alhamdulillah rangkaian acara berjalan dengan lancar hingga akhir. Disisi lain, tujuan diadakannya Bakti Sosial ini adalah untuk menumbuhkan rasa empati, simpati, kepedulian sosial, menambah amal perbuatan, serta meningkatkan dan mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim di Bulan Ramadhan. Diharapkan  donasi atau bantuan yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi kemajuan Panti Asuhan dan kesehjateraan anak-anak asuhnya.

Penulis : Divia Setya Candra Febrianti

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!