VOKASI UNAIR

Writing Academic Scientific: Ruang bagi Mahasiwa untuk Menentukan Langkah-Langkah Penulisan Artikel Ilmiah

VOKASI NEWS – Sebagai bentuk kerjasama antara Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (FV UNAIR) dengan Universitas Malaya (UM). FV UNAIR memberikan kuliah tamu oleh Dr. Safiah Omah. Kuliah tamu membahas tahapan penulisan karya tulis ilmiah dan cara agar dapat terakreditasi di lembaga jurnal yang kredibel ini berlangsung di Aula Vokasi lantai 3.

Acara yang diselenggarakan pada Jumat, 14 Februari 2023 ini diikuti oleh 150 mahasiswa dari D3 dan D4 Terapan. Dr. Safiah menyampaikan kuliahnya dalam menentukan jurnal yang akan dijadikan referensi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel ilmiah, salah satunya adalah kredibilitas penulis.

“Bagaimana cara kita mengetahui penulis jurnal tersebut di blacklist atau tidak?” tanya mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan.

Lalu, Dr. Safiah menjelaskan bahwa setelah memilih jurnal yang kita gunakan, penulis artikel harus membandingkan judul dan penulis dari karya tulis ilmiah tersebut berdasarkan anam untuk ditelusuri melalui laman Scopus, Google Scholar, dan sebagainya. Apabila ditemukan maka jurnal tersebut tidak di blacklist, karena web scimago.jr hanya mencantumkan penelitian-penelitian yang berkualitas.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!