VOKASI UNAIR

Mahasiswa UNAIR Sosialisasikan BATTRA ke Masyarakat Sidodadi

VOKASI NEWS – Problem Based Learning (PBL) X Battra Komplementer Integratif Inovatif merupakan mata kuliah yang berfokus pada studi kasus kompetensi yang berkolaborasi antara D4 Pengobat Tradisional dan Ahli Jenjang. Problem Based Learning (PBL) ini menuntut mahasiswa untuk terjun langsung dalam kegiatan masyarakat.

Berkenaan dengan mata kuliah tersebut, mahasiswa Pengobatan Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menggelar sosialisasi mengenai cara mengatasi nyeri secara tradisional di Kantor Kelurahan Sidodadi, Surabaya. Agenda ini digelar guna mengedukasi masyarakat mengenai cara mengatasi nyeri serta meningkatkan kompetensi mahasiswa perihal pengaplikasian studi yang telah dipelajari. Tujuan lain kegiatan ini yaitu mengenalkan kepada masyarakat mengenai program studi Pengobat Tradisional serta kompetensi lulusannya. 

Ayu Amaliya Salsabillah selaku ketua pelaksana menyebutkan bahwa agenda ini dilaksanakan secara berkelanjutan dari bulan Februari hingga Mei. Kegiatan dimulai hari Jum’at, 17 Februari 2023 dan dibuka dengan sambutan dari Lurah Desa Sidodadi. Masih akan ada rangkaian acara pemaparan materi dan praktek pada 9 pertemuan mendatang. Rangkaian acara tersebut berupa workshop, penyuluhan, terapi AKP, Pembuatan Herbal dan Nutrisi, Pelaksanaan Penanaman Toga (Taman Obat Keluarga), dan Kegiatan Ramadhan (Ngabuburit). 

Kegiatan ini tentunya akan berlangsung seru karena dikemas dengan menarik dan diselingi ice breaking (games). Pembukaan acara hari ini diwarnai banyak hadiah bagi masyarakat yang aktif dan mampu memahami materi dengan baik.

“Harapan dari kegiatan ini, masyarakat paham bagaimana mengatasi nyeri dengan pengobatan tradisional seperti jamu, akupresur, dan akupuntur,” ujar Salsa. Tak lupa, ada pembagian jamu kepada masyarakat yang telah hadir di penghujung acara hari ini.

Penulis : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!