VOKASI UNAIR

Menguak Potensi Karir di Industri Perbankan Syariah: Kunjungan Bank Muamalat ke Program Studi Perbankan di Vokasi Universitas Airlangga

VOKASI NEWS – Bank Muamalat Indonesia merupakan salah satu bank berbasis syariah terkemuka di Indonesia, dan prospek pertumbuhannya di segmen perbankan syariah dasar cukup menjanjikan. Bank memiliki kehadiran yang kuat di sektor perbankan ritel dan korporasi. Fokunya pada penyediaan produk dan layanan keuangan yang sesuai syariah. Salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan perbankan syariah dasar di Indonesia adalah meningkatnya permintaan akan produk dan layanan keuangan syariah di kalangan penduduk Muslim.

Sebagai bank berbasis syariah, Bank Muamalat memiliki posisi yang baik dalam memenuhi permintaan yang terus meningkat ini. Selain itu, pemerintah Indonesia telah mendorong pengembangan sektor perbankan syariah yang berdampak pada peningkatan dukungan regulasi dan lingkungan bisnis yang lebih kondusif bagi lembaga keuangan berbasis syariah seperti Bank Muamalat.

Bank Muamalat juga memperluas kapabilitas digital banking yang diharapkan akan semakin mendorong pertumbuhan di segmen perbankan syariah dasar. Bank telah meluncurkan aplikasi mobile banking dan platform internet banking. Hal ini memungkinkan nasabah untuk mengakses produk dan layanan keuangan syariah dari mana saja dan kapan saja. Prospek segmen perbankan syariah dasar Bank Muamalat positif, karena bank terus memperluas penawaran produk dan layanannya, meningkatkan kapabilitas digitalnya, dan memanfaatkan permintaan yang terus meningkat akan solusi keuangan syariah di Indonesia.

Fakultas Vokasi Universitas Airlangga melakukan kerjasama dengan PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk (Muamalat Institute) mereka melakukan seminar dengan tema “Synergy University – Industry. Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang berperan dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Melalui Pendidikan menjadi investasi dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapai persaingan di dunia kerja. Maka dari itu diharapkan lulusan Perguruan Tinggi mampu bersaing dalam dunia kerja dalam era globalisasi. Namun, yang terjadi terdapat kesenjangan antara mutu lulusan Perguruan Tinggi dengan kebutuhan dunia kerja. Hal tersebut dikarenakan kendala aksesibilitas informasi terkait ekonomi dan keuangan syariah di daerah khususnya perbankan syariah.

Di era digital ini, perlu digitalisasi produk perbankan syariah yang kompetitif. Bisa diakses semua orang, produk perbankan syariah yang inklusif. Untuk itu Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute menyelenggarakan Program MINTERIN – Muamalat Enlightenment Campaign dengan tagline “Everything in one grasp”. Mendukung peningkatkan literasi dan inklusi melalui program sosialisasi dan edukasi program terkait perbankan syariah.

Dalam menjalankan program ini Bank Muamalat menyediakan berbagai pilihan paket untuk mahasiswa dalam melakukan training yaitu: Winning a Tech Job Interview, CV Grooming & Portfolio making, Communication in the workplace, Public Speaking, dan Boost Your Professional Branding. Paket Curious dengan melakukan 10 Transaksi di MDIN. Benefit yang bisa didapatkan dari paket ini adalah : Sertifikat SKPI, dan Al Quran Cordoba Mutqin. Paket Brilliant dengan melakukan 20 Transaksi di MDIN dengan benefit Sertifikat SKPI, Training, Al Quran Cordoba Mutqin, dan Mentoring online. Paket Genius dengan melakukan 30 Transaksi di MDIN benefit yang bisa didapatkan dari paket ini adalah : Sertifikat SKPI, Training, Al Quran Cordoba Mutqin, dan Mentoring online dengan Executive Director at Muamalat Institute.

Penulis : Alfi Sa’idatun

Editor : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!