VOKASI UNAIR

Revolusi Bisnis Informasi: Menggali Peluang Media Sosial sebagai Platform Inovasi Produk yang Tak Tergoyahkan

VOKASI NEWS – Era internet telah membuat penyebaran suatu informasi lebih mudah diakses, cepat dan efisien baik secara waktu maupun modal sehingga banyak kegiatan/bisnis yang berhubungan dengan internet cepat berkembang. Kemunculan internet sendiri saat ini telah dianggap sebagai kebutuhan utama dalam proses pemasaran. Proses pemasaran saat ini tidak luput dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi, terutama media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh para praktisi bisnis.

Namun pada era digital saat ini suatu pemberian informasi berupa text saja sudah mulai tidak menarik, masyarakat lebih suka informasi yang dikemas secara inovatif dan out of the box. Dalam menghdapi hal tersebut mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga berhasil mempersembahkan sebuah inovasi jasa pada bidang bisnis informasi yang diberi nama “Event Earth”.

baca juga: Inovasi Bisnis Informasi Movie Wall Hope

Event Earth merupakan suatu bisnis yang bergerak dibidang informasi untuk menyebarluaskan dan menawarkan sebuah kegiatan maupun event menarik yang akan segera diselenggarakan dengan tujuan membujuk dan mempengaruhi para konsumen meningkatkan jumlah atensi publik terhadap kegiatan tersebut.

Inovasi jasa Event Earth bergerak pada bidang sosial media guna menyebarkan informasi yang akan berjalan secara full-online sehingga dapat memudahkan dalam hal transaksi maupun administrasi. Dalam bidang bisnis informasi ini, Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas
Airlangga menyediakan beberapa jenis jasa diantaranya yaitu jasa promosi serta jasa edit foto maupun video short yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga akan menargetkan bisnis ini kepada remaja mulai dari siswa, mahasiswa hingga komunitas maupun perpustakaan yang mengadakan sebuah kegiatan. Tidak hanya itu, mahasiswa D3 Perpustakaan juga akan membuka peluang untuk bekerjasama di luar dari target pasar kami seperti dengan kegiatan nasional maupun internasional yang berada diluar target pasar kami. Guna menarik customer mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga menggunakan media sosial Instagram sebagai alat promosi dan akun bisnis.

Mengapa harus Instagram?

Instagram merupakan layanan microblogging dan jejaring sosial internet, yang mampu tumbuh secara pesat. Media sosial Instagram dapat menjadi inovasi memperkenalkan, mengembangkan serta mempromosikan inovasi produk ataupun jasa kami kepada target pasar yang lebih luas.

Alasan mahasiswa D3 Perpustakaan memilih usaha design dan event promotor karena memiliki prospek yang baik dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi, kami memiliki sumber daya manusia yang cukup mumpuni secara kuantitas dan diharapkan dapat membuat media kami semakin bertumbuh step by step.

Dalam prospek kedepannya bisnis informasi “Event Earth” yang dijalankan oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan berjalan dengan dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan dan rintangan yang berarti serta bisa cross-platform ke sosial media lain untuk menambah jumlah engagement yang lebih luas. Tidak lupa kami mengharap bantuan dan kerja sama dari semua pihak demi kesuksesan dan kelancaran usaha ini.

Penulis : Putri Marcella Aditya

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!