VOKASI UNAIR

Gemilang Bisnis Digital, Mahasiswa D3 Perpustakaan Ciptakan Produk Layanan Jasa Informasi

Gemilang Bisnis Digital/Pemaparan Produk Jasa Scholarly/dokumen pribadi

VOKASI – Gemilang bisnis informasi saat ini disambut baik oleh Mahasiswa D3 Perpustakaan dengan menciptakan produk jasa informasi bernama “Scholarly”.

Meninjau eksistensi meleknya masyarakat terutama anak muda dalam perilaku pencarian informasi (information searching behavior),

yaitu terkait bagaimana perilaku atau respon individu ketika berinteraksi dengan sistem informasi menjadikan sebuah dorongan bagi mahasiswa untuk mampu hadir di tengah maraknya bisnis informasi yang kian meluas.

Kini, mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga menciptakan rintisan bisnis bidang informasi dengan beragam jasa yang ditawarkan kepada masyarakat luas, terutama civitas akademika.

Rintisan bisnis yang diinovasikan oleh mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga didemokan dalam penyelenggaraan pameran bisnis informasi pada Senin, 22 Mei 2023 di Library Laboratorium Universitas Airlangga yang disambut antusias oleh dosen program studi D3 Perpustakaan.

Antusiasme mahasiswa yang terlibat sangat tinggi, dibuktikan dengan produk bisnis informasi yang bervariasi seperti digital marketing, library upgrade, pelatihan canva, library care, review jurnal, media partner, design grafis, dan masih banyak produk bisnis informasi lainnya.

Pengembangan bisnis tersebut ditembuskan ke program DPKKA UNAIR, yaitu Airlangga Youth Entrepreneur 2023.

Pameran di Library Laboratorium

Berjalannya pameran di Library Laboratorium, produk dipresentasikan dengan memaparkan seperti apa bisnis yang dijalankan,

bagaimana tantangannya, serta bagaimana memasarkan produk untuk mendapatkan feedback berupa keuntungan.

Selain keuntungan semata, poin penting yang menjadi tujuan utama dalam berbisnis informasi yaitu softskill yang dicapai dan insight dalam aspek informasi.

Kemampuan dalam mendapatkan, mengelola, dan menyebarkan informasi tertentu menjadi aspek krusial dalam menjalankan bisnis informasi.

Pada dasarnya, pengolahan informasi yang kemudian dilayankan menjadi produk berupa jasa tidaklah mudah,

sebab membutuhkan pemahaman dan ilmu yang relevan di bidang tersebut serta proses yang tidak mudah,

sehingga hal inilah yang menjadi keunggulan bisnis informasi untuk hadir dengan nilai atau value lebih.

Informasi yang dilayankan menjadi produk jasa tidak lepas dari peran perpustakaan sebagai lembaga yang menjadi pusat informasi,

yang memiliki informasi baik berupa fisik maupun digital yang tersimpan mengikuti kebijakan resmi sesuai Standar Nasional Perpustakaan,

dan menghadirkan program layanan yang mampu memenuhi kebutuhan informasi pengguna.

Keterkaitan informasi yang tidak lepas dengan peran perpustakaan menjadi highlight salah satu bisnis yang dirintis oleh kelompok mahasiswa D3 Perpustakaan yaitu bisnis informasi “Scholarly”.

Sekilas tentang Scholarly

Scholarly merupakan bisnis informasi yang melayankan jasa informasi berupa penelusuran sumber informasi,

berupa artikel jurnal berbahasa Inggris dan Indonesia, tinjauan pustaka, dan transkrip data penelitian.

Bisnis tersebut membantu civitas akademika yang memiliki keterbatasan waktu dalam menuntaskan karya ilmiah atau paper,

tanpa mengurangi value kinerja dan kecerdasan dalam menyusun karya ilmiah.

Tim bisnis ini memanfaatkan peranan perpustakaan yang menyediakan sumber informasi berupa ebook, jurnal nasional dan internasional yang dilanggan untuk dapat dijadikan sumber informasi,

yang nantinya dilayankan ke customer sesuai dengan kebutuhannya.

Begitu pula, tinjauan pustaka dan pengolahan data penelitian diproses dengan pengerjaan yang teliti serta disesuaikan dengan referensi dan ketentuan yang tepat.

Secara tidak langsung, mahasiswa juga belajar bagaimana melakukan riset pasar dan branding produk untuk mendapatkan banyak notice dari masyarakat.

Meskipun bisnis sifatnya dinamis, tim bisnis informasi terus berupaya mengembangkan bisnis jasanya dengan melakukan inovasi,

serta memberikan pelayanan terbaik kepada customer dengan harga yang terjangkau.

Adanya bisnis informasi yang digalakkan oleh mahasiswa D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga diharapkan kedepannya mampu menjadi motivasi anak muda,

dalam menciptakan gebrakan bisnis informasi dan terus meningkatkan eksistensi informasi di tengah-tengah perkembangan teknologi di era digitalisasi.

***

Penulis : Novita Ayu Andriana

Editor : Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!