VOKASI UNAIR

Tips Menjadi Konten Kreator yang Berkualitas dan Impresif

Ilustrasi Konten Kreator/pexels/Karolina Grabowska

VOKASI Konten kreator bisa menjadi berkualitas dan impresif dengan cara mengikuti tips berikut ini.

Konten kreator merupakan salah satu kategori bisnis informasi yang simple tetapi akan terus dibutuhkan, kenapa simple?

karena kita dapat membuat konten dimanapun kita berada bahkan di rumah pun bisa melakukannya.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi tidak mudah juga untuk dilakukan, karena harus menjadi orang yang kreatif.

Dengan banyaknya berbagai macam konten yang ada, konten kreator harus membuat konten yang menarik dan impresif.

Untuk membuat konten menarik, terlebih harus melakukan riset terlebih dahulu tentang konten yang akan dibuat.

Biasanya konten yang dibuat berdasarkan trending topic terhangat dan teraktual.

Tujuannya agar berpotensi dapat dilihat oleh para audiens, alias pengguna media sosial.

Kendati demikian, konten itu harus dibuat dengan ‘brand’ yang unik.

Selain itu juga ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk membuat konten menjadi berkualitas dan menarik, diantaranya yaitu;

Kenali audiens

Setiap konten pasti memiliki audiens yang akan menyaksikan konten anda, oleh karena itu harus mengenali terlebih dahulu audiens yang akan dituju. Kebanyakan platform memiliki audiens dari berbagai usia sehingga harus benar-benar diperhatikan topik dari kontennya.

Penelitian informasi topik

Jika membuat konten yang berisikan seputar informasi, kreator harus memastikan bahwa informasi yang kita bawakan itu valid dan terpercaya

Buat judul yang menarik

Judul yang menarik akan menarik lebih banyak audiens karena judul berfungsi sebagai pembuka konten

Menggunakan gambar yang menarik

Jika menambahkan gambar pada konten yang dibuat, maka konten akan terlihat lebih menarik, berkualitas dan mencegah terjadinya kebosanan pada audiens yang menyaksikan konten tersebut.

Menggunakan gaya penulisan yang menarik

Gaya penulisan juga mempengaruhi kualitas konten yang dibuat. Untuk menambah kualitas konten, maka gaya bahasa yang digunakan juga harus menarik seperti memberikan poin-poin atas tulisan yang ada pada konten dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami

Edit konten

Konten yang dibuat bisa ditambahkan editan yang akan memanjakan mata para audiens. Editan pada konten tentunya juga menjadi unsur pembeda dari konten-konten lainnya sehingga memiliki potensi besar memiliki audiens yang banyak.

Promosikan konten

Promosi pada konten tentunya berpotensi memiliki audiens lebih. Hal ini merupakan salah satu faktor yang sangat penting yang perlu dilakukan oleh setiap content creator

Apa Yang Bisa Didapatkan Setelah Menjadi Konten Kreator?

Banyak sekali yang bisa didapat setelah menjadi seorang konten kreator, salah satunya yaitu pendapatan/uang.

Pendapatan bisa didapatkan dari platform yang sebelumnya digunakan untuk membuat konten-konten.

Selain itu pendapatan yang bisa didapat tidak hanya dari konten yang dibuat tetapi bisa juga dari tawaran pihak lain untuk dimasukkan ke dalam konten, seperti:

Endorse

Endorse ini akan berjalan ketika ada suatu pihak yang memiliki produk dengan brand tertentu meminta konten kreator untuk mempromosikan produknya ke dalam konten, dan sebagai gantinya akan mendapat imbalan.

Adsense

Adsense merupakan program yang dibuat oleh google, cara kerjanya yaitu sebagai konten kreator harus mendaftarkan diri ke dalam google adsense,

kemudian akan melewati beberapa tahap penyesuaian terlebih dahulu.

Setelah itu akan diminta untuk meletakkan iklan pada konten yang dibuat dan sebagai gantinya juga akan mendapatkan imbalan sesuai dengan jumlah klik dan jumlah tayang dari iklan

Event Attendance

Event attendance mengacu pada kehadiran atau partisipasi peserta dalam sebuah acara atau pertemuan tertentu.

Ini mencakup proses registrasi, check-in, dan pelacakan kehadiran peserta selama acara berlangsung.

Konten kreator akan diberi tawaran untuk menjadi peserta di dalam suatu event tertentu

Pembicara

Konten kreator yang biasanya membuat konten-konten yang berisikan informasi akan sering mendapat tawaran untuk menjadi pembicara di suatu event tertentu.

Biasanya yang sering mendapat panggilan menjadi pembicara merupakan konten kreator yang memberikan konten edukasi

Merchandise

Merchandise biasanya berupa barang yang nantinya konten kreator mempromosikan merchandise kepada penggemar.

Fungsinya yaitu untuk menciptakan komunitas yang erat antara konten kreator dengan para penggemar.

***

Penulis : Yoel Pesah Dean

Editor : Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!