VOKASI UNAIR

Implementasi Library Laboratorium

Foto Implementasi Kegiatan Di library laboratorium

VOKASI NEWS – Library Laboratory (Liblab) didirikan pada tahun 2021, yang digunakan sebagai tempat praktikum mahasiswa prodi D3 Perpustakaan, mulai dari Kegiatan pengumpulan informasi, pengadaan, inventaris, pengolahan serta layanan kepada pengguna.

Library Laboratory (Liblab) berlokasi di Kampus B Universitas Airlangga, tepatnya di Gedung Kuliah Bersama Ex Farmasi Lantai 2. Selain dapat digunakan sebagi praktikum, liblab juga dapat digunakan sebagai fasilitas pengembangan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang penyebaran informasi.

Library laboratory memiliki peran penting dalam menyediakan akses ke literatur dan informasi terbaru yang berkaitan dengan subjek yang diteliti di laboratorium. Fungsi utamanya adalah menyediakan sumber daya referensi untuk membantu ilmuwan, peneliti, mahasiswa, dan staf laboratorium dalam mempelajari dan memahami topik-topik yang relevan.

Konsep Library Laboratory bertujuan untuk memfasilitasi integrasi antara sumber daya informasi dan kegiatan penelitaian atau eksperimental, memungknkan pengguna perpustaaakan untuk melakukan penelitian atau proyek ilmiah di suatu tempat. Dalam library laboratory, pengguna dapat mengakses sumber daya yang relavan, melakukan percobaan, menguji hipotesis, menganalisis data, dan mendapatkan bantuan dari pustakawan atau staff yang terlatih.

Dalam keseluruhan, library laboratorium memberikan akses ke sumber daya informasi yang penting bagi para ilmuwan dan peneliti yang bekerja di laboratorium tersebut, dengan tujuan memfasilitasi penemuan ilmiah, pengembangan pengetahuan, dan inovasi dalam bidang yang berkaitan tersebut.

Fasilitas Library Laboratorium

Library Laboratory memiliki berbagai fasilitas yang mendukung dalam pelayanan sumber – sumber informasi. Selain itu, Liblab memiliki Akses internet yang dapat diakses oleh semua pengguna. Fasilitas yang dilayankan sangat membantu pengguna dalam melakukan penelusuran informasi dan mengerjakan tugas. Adapun fasilitas yang ada di Library Laboratory yakni Proyektor, Komputer, Meja, Kursi, Wifi, OPAC, Perlengkapan Podcast, TV, RFID, Sound,  Dll

Layanan yang ada di Library Laboratory
  • Ruang Baca Umum

Liblab memiliki ruang baca umum yang disedikan kepada pengguna untuk dapat melakukan kegiatan baca ditempat. Ruang baca umum dilengkapi dengan meja dan kursi yang nyaman.

  • Layanan Sirkulasi

Liblab juga memiliki layanan sirkulasi yang membantu pengguna untuk melakukan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi. Pengguna dapat secara langsung memilih dan mengambil koleksi dari rak buku yang disediakan.

  • Layanan Pengelolaan

Layanan pengelolaan diadakan agar koleksi yang dilayankan kepada pengguna tepat dan sesuai dengan kebutuhan informasi pengguna.

  • Konsultasi Individu

Pustakawan atau staf perpustakaan dapat memberikan konsultasi individu kepada pengguna dalam menemukan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Penulis : Alfiyan Zikriyan Noer

Editor : Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!