VOKASI UNAIR

Penuhi Tugas Uas : Mahasiswa D3 Perpustakaan Ciptakan Produk Bernama Lib-Care

Kegiatan Promosi Produk Library Care

VOKASI NEWS – Bisnis ini memberikan pelayanan jasa khususnya di bidang perpustakaan mulai dari pengadaan, pengolahan dan pengembangan perpustakaan. Library Care tersedia di website dan secara offline datang ke kantor kami. Setiap pemesanan jasa, konsumen berhak mendapatkan free konsultasi terkait perpustakaannya Dalam menjalankan bisnis jasa ini juga melakukan kerjasama dengan beberapa pihak terkait seperti penerbit, toko buku, dan toko ATK. Konsumen dapat memilih jasa yang diinginkan yakni:

Deskripsi Produk
  1. Pengadaan koleksi
  2. Pengolahan, terdiri dari:
  3. Inventarisasi
  4. Klasifikasi
  5. Katalogisasi
  6. Preservasi
  7. Shelving
  8. Pengembangan
Kegiatan Promosi

Adapun metode yang digunakan untuk melakukan promosi produk jasa yang diberikan oleh LIB-Care antara lain:

  1. Metode Daring

Pada metode daring, produk dipromosikan melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dan Tik-Tok. Pemasaran melalui Whatsapp dapat berupa broadcast perorangan maupun konten yang akan disebarkan di status Whatsapp. Kemudian, pemasaran melalui Instagram dilakukan dengan cara membuat konten berupa informasi produk, edukasi produk, dan konten hiburan seperti quotes untuk menarik minat konsumen. Promosi melalui Instagram mempunyai banyak kelebihan diantaranya menjangkau pasar lebih luas, konten terlihat lebih menarik dan berwarna karena gambar atau video yang dibagikan tetap terlihat bagus dan tidak rusak.

Untuk pemasaran melalui Tik-Tok, kami akan membuat konten berupa review produk dengan mencantumkan alamat toko kami, dan informasi pemesanan. Kelebihan penggunaan Tik-Tok yaitu, karena zaman sekarang anak kecil hingga orang dewasa mayoritas mempunyai dan menggunakan aplikasi tersebut, serta jangkauan nya yang sangat luas. Selain itu, kegiatan promosi juga menerapkan sistem Paid Promote. Dilansir dari store.sirclo.com, Pengertian dari Paid Promote ini adalah promosi produk atau layanan yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan jumlah followers besar, diharapkan produk ini dapat dikenal luas oleh banyak orang dan dapat meningkatkan sistem penjualan.

  1. Metode Luring

Pada metode luring, produk jasa Library care dipromosikan melalui personal marketing dan catalog marketing. Personal marketing dilakukan dengan cara memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pelanggan. Personal marketing dilakukan dengan langsung mendatangi perpustakaan-perpustakaan sekolah yang ada di Surabaya untuk menawarkan produk jasa dari Library care (LIB-Care), Kemudian, Library care (LIB-Care) juga menyediakan katalog harga dari jasa-jasa yang ditawarkan agar dapat membantu calon pembeli mengetahui perkiraan harga yang ditawarkan. Dalam hal ini, promosi produk jasa disebarluaskan juga dengan penyebaran brosur di beberapa titik strategis.

Lihat juga Tingkatkan Mutu dan Kualitas Perpustakaan Bersama Library Care

Penulis : Talenta Rahadya

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!