VOKASI UNAIR

Faculty of Vocational Universitas Airlangga Inbound Program In Conjunction Without Wall 2023 UiTM Melaka Malaysia

Foto bersama penyambutan mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga di bandara KLiA Terminal 2 oleh dosen Universitas UiTM Melaka Malaysia.

VOKASI NEWS- Mahasiswa Fakultas Vokasi melakukan Inbound Program In Conjunction Without Wall 2023 UiTM Melaka Malaysia, yang diselenggarakan pada tanggal 11- 17 juni 2023 dan terlaksana dalam satu minggu. Acara ini merupakan acara yang berkaitan dengan departemen bisnis di fakultas vokasi.

Mahasiswa selama di UiTM Melaka melakukan berbagai kegiatan yaitu kegiatan mengikuti game tradisional Malaysia, menyaksikan berbagai tarian dari malaysia, mengikuti seminar tentang investasi emas dan salah satunya adalah melakukan aksi pelepasan penyu di penangkaran penyu di Melaka. Kegiatan ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama mahasiswa mahasiswi Universitas UiTM pada program office management( OMaC).

Kami juga mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa OMaC (Office Management) yaitu program “Game of the tradition, Old to the Legend” di gedung Dewan Bendahara. Pada inbound program tersebut mahasiswa unair selaku delegasi dibagi rata menyebar kedalam beberapa tim. Kami diharuskan untuk berbaur dan menjalin kekompakkan untuk menyelesaikan misi dari game. Misi tersebut berisikan kertas puzzle bergambar sebuah gedung sebagai pos, nantinya peserta harus memecahkan puzzle tersebut untuk menjalankan misi selanjutnya di pos tersebut. Misi-misi yang harus diselesaikan antara lain sepak raga, tarik upih, baling kaleng, egrang, dan lain-lain. Kami juga diberi pertunjukan menarik bagaimana cara bermain gasing tradisional. Dari kegiatan tersebut kami menjadi tahu bahwa permainan tradisional Malaysia tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Kekompakkan yang telah terjalin membawa dampak positif, salah satunya kami saling bertukar cerita, instagram, dan nomor hp, sehingga kami memiliki banyak teman baru.

Selain kegiatan tersebut ada salah satu kegiatan yang dilaksanakan selama di UiTM Melaka, kegiatan ini membuat kita sangat berantusias yaitu kegiatan pelepasan penyu dimana kita dapat mengetahui tentang lingkungan hidup seekor hewan penyu. Pada saat di penakaran pelepasan penyu ita dapat manfaat ilmu salah satunya jenis-jenis penyu yang berada di malaysia. Jadi, Ada tujuh spesies penyu di dunia, empat di antaranya ditemukan di Malaysia, yaitu penyu belimbing, penyu hijau, penyu sisik, dan penyu Oliver Ridley. Sudah 15 hingga 20 tahun sejak penyu belimbing dan penyu Oliver Ridley bersarang di Pulau Tioman, namun kini hanya tersisa dua spesies di pulau tersebut, yaitu penyu sisik dan penyu hijau. Dimana di penakaran pelepasan penyu tersebut mahasiswa mempelajari bagaimana proses penyu sebelum pelepasan ke laut hingga pelepasan kelaut.

Dengan terlaksananya acara ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan motivasi di kalangan mahasiswa untuk menciptakan kegiatan kolaborasi antar universitas. Mahasiswa diharapkan dapat menggali potensi kreatif, melakukan inovasi, dan mengembangkan ide-ide yang brilian dalam membuat sebuah event atau kegiatan yang menarik.

Penulis: Renanti Agustina

Editor: Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!