VOKASI UNAIR

RADJAR 2023: Pengembangan Kreativitas Anak Kampung Songo dalam Mengolah Sampah Kering Menjadi Karya Tangan

Pengembangan kreativitas anak oleh Mahasiswa Teknologi Radiologi Pencitraan/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Pengembangan kreativitas anak Kampung Songo dalam mengolah sampah kering menjadi karya tangan diimplementasikan melalui program RADJAR 2023.

Himpunan Mahasiswa D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi mengadakan program kerja pengabdian masyarakat RADJAR 2023. Kegiatan RADJAR 2023 ini merupakan bentuk pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan mengimplementasikan poin SDGs. RADJAR 2023 mengusung tema Daur Ulang untuk Lingkungan yang Lebih Bersih dengan menggandeng Kampung Songo, Simo Mulyo Baru, Surabaya sebagai desa mitra.

Serangkaian kegiatan RADJAR 2023 dilaksanakan selama 2 hari, pada tanggal 26-27 Agustus 2023. Pada hari pertama, dilaksanakan pembukaan kegiatan RADJAR 2023 yang dihadiri oleh Pembina HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan, Ibu Amillia Kartika Sari, S.Tr,Kes. M.T., dan Perwakilan Kampung Songo Ibu Nyoman Kusumo beserta seluruh peserta anak-anak Kampung Songo. Sesi pembukaan ditutup dengan penyerahan plakat oleh Pembina Himpunan Mahasiswa Teknologi Radiologi Pencitraan, Ibu Amillia Kartika Sari, S.Tr,Kes. M.T. kepada Perwakilan Kampung Songo Ibu Nyoman Kusumo.

Foto saat penyerahan plakat oleh Pembina HIMA Teknologi Radiologi Pencitraan/dokumen istimewa

Foto saat penyerahan plakat oleh Pembina HIMA Teknologi Radiologi Pencitraan/dokumen istimewa

Penyuluhan Kesehatan Lingkungan

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan utama RADJAR 2023 yaitu penyuluhan mengenai kesehatan lingkungan yang disampaikan oleh Mahasiswi D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Hanna Thahirah. Penyuluhan kesehatan lingkungan ini memaparkan kepada anak-anak mengenai bahaya membuang sampah sembarangan, cara mengolah sampah anorganik, serta cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan agenda pembuatan karya kerajinan dari sampah anorganik menjadi barang yang berguna. Kemudian dilanjut dengan presentasi singkat tiap kelompok mengenai kegunaan karya kerajinan yang sudah dibuat.

Foto saat proses pembuatan kerajinan yang dilakukan oleh anak-anak/dokumen istimewa

Foto saat proses pembuatan kerajinan yang dilakukan oleh anak-anak/dokumen istimewa

Pada hari kedua yaitu tepatnya minggu, 26 Agustus 2023 dilaksanakan game dengan anak-anak. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil karya kerajinan dan pembagian hadiah. Kegiatan penyerahan hadiah menjadi kegiatan penutup RADJAR 2023.

Foto saat penyerahan hadiah/dokumen istimewa

Foto saat penyerahan hadiah/dokumen istimewa

[BACA JUGA: CRANIAL 2023: Bekali Mahasiswa Radiologi dengan Keterampilan Berwirausaha]

Pengembangan Kreativitas Anak

Harapannya selama dua hari kegiatan RADJAR 2023 tersebut seluruh pihak yang terlibat mendapat banyak pengalaman baru sekaligus ilmu yang bermanfaat terutama penyuluhan sejak dini kepada anak-anak mengenai Kesehatan Lingkungan di Kampung Songo agar menjadi desa yang lebih baik. Selain itu, harapan seluruh panitia adalah kerja sama yang telah terjalin tidak terputus hanya pada kegiatan RADJAR 2023 saja, tetapi berlanjut hingga kegiatan-kegiatan lainnya terutama dalam bidang pengabdian masyarakat dan Kampung Songo dapat menjadi kampung binaan HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan.

***

Penulis : Nadia Arline Fitria

Pembina Hima : Amillia Kartikasari

Program Studi : D4 Teknologi Radiologi Pencitraan

Editor: Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!