VOKASI UNAIR

Laskar Vokasi Menumbuhkan Jiwa Semangat Kolaborasi

Potret Kegiatan Laskar Vokasi/dokumen istimewa

VOKASI – Laskar Vokasi dicanangkan menjadi sarana untuk menumbuhkan jiwa semangat kolaborasi.

Laskar Vokasi merupakan Ospek Fakultas Vokasi yang dilaksanakan pada tanggal 23-25 Agustus 2023. Semua mahasiswa baru Fakultas Vokasi wajib melakukan kegiatan ospek tersebut. Ospek bertujuan mengenalkan dan memotivasi mahasiswa baru untuk menumbuhkan jiwa semangat berkolaborasi.

Berikut adalah rangkuman kegiatan Laskar Vokasi yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa semangat kolaborasi sesuai dengan jargon laskar vokasi yaitu “semangat kolaborasi untuk vokasi yang bersinergi

Hari Pertama Laskar Vokasi

Pada hari pertama Laskar Vokasi terdapat materi yang sangat bermanfaat dan memotivasi mahasiswa. Khususnya mahasiswa Fakultas Vokasi. Materi pertama yaitu Kegiatan Akademik Fakultas. Materi ini berisi tentang sejarah lahirnya Fakultas Vokasi di Universitas Airlangga. Sebagaimana diketahui bersama, Fakultas Vokasi merupakan fakultas ke-14 berdasarkan statuta Unair. Fakultas tersebut terdiri dari 3 departemen yaitu Departemen Kesehatan, Departemen Teknik, dan Departemen Bisnis.

Materi kedua yaitu MBKMB. Materi ini berisi tentang mahasiswa harus mamou mengembangkan atau memperkaya ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Tentunya berdasarkan moral agama, Merdeka Belajar, Society 5.0.

Dari materi tersebut mahasiswa mengetahui langkah apa yang dilakukan kedepanya. Jalan apa yang akan ditempuh oleh mahasiswa. Sebab, mahasiswa sudah diberikan fasilitas untuk mengembangkan minat dan bakatnya tersebut.

[BACA JUGA: Direktori Museum di Surabaya: Kumpulan Informasi sebagai Referensi Wisata di Kota Pahlawan]

Hari Kedua Laskar Vokasi

Pada hari kedua diperkenalkan mascot Fakultas Vokasi yang dijuluki Arvo. Selain itu mahasiswa juga diberikan materi mengenai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). BEM berfungsi sebagai jembatan penghubung antara mahasiswa dan lembaga. Sekaligus sebagai sarana untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada pihak lembaga untuk mewujudkan kesejateraan di lingkungan kampus.

Diharapkan mahasiswa Fakultas Vokasi dapat berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa. Hal itu karena dapat memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Manfaatnya, dapat menumbuhkan jiwa percaya diri, menambah wawasan, menambah relasi, dan yang terpenting menumbuhkan jiwa semangat berkolaborasi. Kegiatan selanjutnya ialah konser dan penampilan bakat yang ditampilkan oleh kolaborasi antar mahasiswa-mahasiswa baru dari berbagai jurusan. Kegiatan ini merupakan salah satu penerapan jiwa berkolaborasi mahasiswa Fakultas Vokasi.

Hari Ketiga Laskar Vokasi

Pada hari ketiga mahasiswa Fakultas Vokasi melakukan kegiatan diskusi dengan teman satu grup laskar. Diskusi tersebut mengangkat isu mengenai “Pandangan Mahasiswa Terhadap Issue Insentif Pemerintah Adopsi Teknologi yang menunda UKM”. Pada diskusi ini mahasiswa berkolaborasi, bertukar pikiran dengan mahasiswa satu tim untuk memecahkan kasus tersebut.

Kegiatan ini memberikan banyak sekali manfaat bagi mahasiswa. Sebab, selain menumbuhkan jiwa berkolaborasi tapi juga menumbukan jiwa berpikir kritis, dan mengemukakan pendapat dengan tidak mementingkan pendapat sendiri. Sehingga, ditemukannya jalan keluar untuk kegiatan tersebut.

Selanjutnya kegiatan pada hari ketiga yaitu adanya konfigurasi. Kegiatan ini membutuhkan kolaborasi dari semua mahasiswa baru dari Fakultas Vokasi. Manfaat dari konfigurasi ini yaitu menumbuhkan jiwa senasib dan sepenangungan. Tentunya juga dapat menumbuhkan jiwa semangat bergotong royong.

***

Penulis             : Imro Atus Soleha – D3 Perpustakaan

Pembimbing    : Dessy Harisanty

Editor              : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!