VOKASI UNAIR

Menggali Potensi Karir Jurusan Manajemen Perkantoran Digital: Peluang dan Tantangan

Ilustrasi tantangan manajemen perkantoran digital

VOKASI NEWS – Di era digital yang terus berkembang ini, jurusan Manajemen Perkantoran Digital telah menjadi pilihan dengan potensi karir yang menjanjikan. Terutama bagi mereka yang ingin memasuki dunia kerja yang dinamis dan digital. Salah satu PTN yang memiliki program studi Manajemen Perkantoran Digital adalah Universitas Airlangga.

Program studi D4 Manajemen Perkantoran Digital UNAIR merupakan pengembangan dari program studi D3 Administrasi Perkantoran. Mahasiswa Manajemen Perkantoran Digital dibekali dengan berbagai kemampuan. Salah satunya yaitu kemampuan public speaking, berwirausaha, administrasi, bahkan kemampuan yang berkaitan dengan perkantoran.

Oleh karena itu, yang menjadikan lulusannya untuk menjadi pengusaha. D4 Manajemen Perkantoran Digital merupakan salah satu program studi yang memiliki peluang kerja yang luas. Hal tersebut di karenakan setiap perusahaan akan selalu membutuhkan tenaga administrasi.

Peluang Karir Manajemen Perkantoran Digital

Adapun berbagai macam peluang karir dalam Manajemen Perkantoran Digital sebagai berikut:

  1. Manajer: Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer yang bertanggung jawab untuk mengelola hal operasional sehari-hari dan teknologi yang digunakan dalam perusahaan.
  2. Spesialis Administrasi Digital: Lulusan jurusan ini dapat menjadi ahli dalam mengelola sistem perangkat lunak administrasi, memastikan efisiensi dan keamanan data.
  3. Analisis Data: Kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data digital sangat diperlukan dalam banyak industry saat ini.
  4. Konsultan Digital: Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai konsultan yang membantu Perusahaan mengadopsi teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi operasional Perusahaan.

Selain itu, masih terdapat banyak peluang karir bagi lulusan program studi ini. Namun, semakin besar peluang dalam mencari kerja tentunya juga akan semakin besar tantangan yang akan dihadapi. Contohnya seperti perkembangan teknologi yang kian pesat membuat lulusan harus selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru.

Selain itu, tuntutan keterampilan multidisiplin yang memerlukan pemahaman tentang manajemen tradisional dan teknologi serta keselamatan data yang memiliki keterlibatan dalam pengelolaan data.Oleh karena itu, jurusan Manajemen Perkantoran Digital ini dapat menawarkan peluang karir yang menarik di era digital saat ini. Meskipun begitu, para lulusan juga harus mampu menghadapi berbagai tantangan yang nantinya akan dihadapi.

Dengan selalu belajar dan mengembangkan keterampilan mereka, lulusan jurusan ini memiliki potensi untuk berhasil dan berkontribusi dalam dunia kerja yang semakin terdigitalisasi.

BACA JUGA: Pentingnya Ilmu Manajemen Perkantoran Digital di Era Globalisasi

***

Penulis: Shafira Putri Nayla Zahra

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!