VOKASI UNAIR

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing Bagi Manajemen Perkantoran Digital

VOKASI NEWS – Bahasa Asing berperan penting bagi kinerja manajemen perkantoran digital. Manajemen Perkantoran Digital merupakan program studi yang sangat menarik, dengan peluang kerja yang luas. Saat ini banyak dari lulusan dari program studi perkantoran yang mulai bekerja sebelum wisuda.

Hal tersebut dikarenakan kebutuhan lembaga atau perusahaan selalu membutuhkan tenaga administrasi di dalam bidang pekerjaannya. Selain menjadi admin di berbagai lembaga, lulusan jurusan perkantoran juga dibekali kemampuan berwirausaha dan pemahaman mengenai perkantoran.

Profil Lulusan Progaram Studi Manajamen Perkantoran Digital

  1. Administrator
  2. Supervisor
  3. Enterprentur

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Pengetahuan umum
  2. Prospek Kerja
  3. Keterampilan Umum

Prospek Kerja

  1. Manajer
  2. Office Administrator
  3. Sekertaris
  4. Customer Service Executive
  5. Event Administrator

Di dalam program pembelajaran manajemen perkantoran digital juga memerlukan pembelajaran bahasa lain seperti bahasa internasional bahasa inggris. Di dalam dunia  bisnis dan perkantoran sangatlah penting mempelajari bahasa asing.

Sebagai mahasiswa alangkah baiknya jika kita sudah menguasai sedikit kemampuan berbahasa asing seperti bahasa inggris agar saat di dalam pembelajaran kemampuan tersebut semakin berkembang dan bisa di aplikasikan di dalam dunia pekerjaan  menjadi lebih efektif.

Pentingnya Mempelajari Bahasa Asing Di Dalam Dunia Kerja Perkantoran
  1. Akses terhadap berbagai informasi

Dengan menguasai kemampuan berbahasa lain tentunya kita memiliki banyak banyak kesempatan untuk mencari tahu informasi di dalam dunia pekerjaan atau di dalam kehidupan sehari-hari

  1. Meningkatnya peluang kerja 

Kemampuan berbahasa asing akan membuka peluang kerja yang lebih luas, terutama di perusahaan multinasional yang memiliki hubungan bisnis dengan berbagai negara.

  1. Memperluas jaringan dalam kesempatan berkarir

Dengan menguasai bahasa lain, mahasiswa prodi manajemen perkantoran digital dapat dengan mudah berinteraksi dengan kolega, klien, dan mitra bisnis dari berbagai negara. Hal ini memungkinkan mereka untuk memperluas jaringan profesional, mendapatkan wawasan baru, dan memperoleh kesempatan berkarir yang lebih baik.

  1. Memahami Perbedaan Budaya dalam Bisnis Digital

Bahasa tidak hanya berhubungan dengan komunikasi, tetapi juga membantu mahasiswa memahami perbedaan budaya dalam bisnis digital. Setiap negara memiliki etika bisnis yang berbeda, dan memahami bahasa akan membantu mahasiswa memahami nuansa budaya yang berbeda dan menyesuaikan strategi bisnis mereka sesuai dengan kebutuhan pasar global.

  1. Komunikasi dengan mitra bisnis dan klien

Di dalam menjalin hubungan dengan klien dan mitra bisnis internasional, kemampuan bahasa sangat membantu  dalam memamhami kebutuhan dan ekspetasi mereka. Dengan demikian kerja sama antara mitra atau klien dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Strategi Mempelajari Bahasa Asing
  1. Mengikuti program pembelajaran bahasa di kampus, sekolah atau krusus
  2. Mempelajari melalui filim atau music
  3. Mengikuti tes bahasas seperti TOEFL dan lainnya untuk mengetahui kemampuan kita

Dalam prodi manajemen perkantoran digital, kemampuan bahasa memiliki pengaruh yang penting dalam kesuksesan karir. Selain kemampuan komunikasi yang lebih baik, menguasai bahasa juga memperluas jaringan, memberikan akses ke informasi yang lebih luas, dan memahami perbedaan budaya dalam bisnis digital.

Dengan demikian, penting bagi mahasiswa prodi manajemen perkantoran digital untuk mengenali pentingnya menguasai bahasa dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini.

BACA JUGA: Peran Manajemen Perkantoran Digital Di Kehidupan

***

Penulis: Novita Indah Dwi Ariani

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!