VOKASI UNAIR

Prospek dan Karir Program Studi Manajemen Pemasaran di Era Digitalisasi

Prospek dan Karir Program Studi Manajemen Pemasaran

VOKASI NEWS – Program studi manajemen pemasaran menghasilkan lulusan yang memiliki prospek karir menjanjikan.

Memilih program studi merupakan salah satu hal wajib yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru dalam mencapai masa depannya. Di era digital saat ini, perkembangan semakin pesat dalam melakukan perubahan sehingga manusia dituntut untuk selalu mengikuti setiap perubahan yang ada. Salah satu program studi yang menekuni bidang digitalisasi dan pemasaran adalah manajemen pemasaran. Di program studi ini, para mahasiswa manajemen pemasaran dituntut untuk selalu kreatif dalam menyikapi setiap perubahan yang ada. Oleh karena itu, prospek kerja dan karir yang luas, membuat program studi ini diminati banyak orang.

Digital Marketing

Seperti yang diketahui, di era digital saat ini semua hal bisa diakses dengan begitu mudah melalui platform online. Begitupun kegiatan memasarkan barang yang bisa dilakukan secara online. Dengan adanya platform online ini, digital marketing dalam manajemen pemasaran sangat dibutuhkan. Selain untuk meningkatkan bisnis produk, digital marketing juga berperan untuk meningkatkan reputasi serta mempertahankan kepuasan pelanggan dengan lebih baik. Dengan semakin banyaknya pengguna platform online setiap hari nya, digital marketing dalam manajemen pemasaran akan selalu memiliki peran penting di dalamnya.

Prospek Karir Manajemen Pemasaran

Adapun prospek karir manajemen pemasaran sebagai berikut:

  1. Customer Service Manager

Customer Service Manager bertanggung jawab dalam kualitas pelayanan terhadap respon konsumen secara langsung dan tidak langsung dari sebelum hingga setelah pemakaian barang.

  1. Public Relation

Selain itu, Public Relation bertanggung jawab sebagai citra perusahaan. Mulai dari menjaga kepercayaan konsumen hingga kepercayaan perusahaan lain yang telah melakukan kegiatan kerjasama dengan perusahaan.

  1. Product Manager

Product Manager bertanggung jawab dalam sebuah peluncuran dan inovasi dari sebuah produk yang dirintis oleh perusahaan tersebut. Sebagai product manager, tentunya seseorang dituntut untuk kreatif dan tepat sasaran terhadap target pasar yang diinginkan perusahaan.

  1. Pengusaha

Lulusan manajemen pemasaran tentunya bisa menjadi pengusaha nantinya. Karena sebagian besar mata kuliah yang dipelajari berkaitan dengan prospek karir ini.

  1. Marketing dan Sales Manager

Marketing manager bertanggung jawab dalam memimpin, menyusun, mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu, sales manager juga bertanggung jawab dalam mengelola tim dan mencapai target penjualan yang diberikan oleh perusahaan.

    1. Marketing Researcher dan Brand Manager

    Marketing researcher bertanggung jawab dalam mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan informasi tentang pasar, pelanggan, dan pesaing yang berlandaskan metode yang ilmiah. Tidak hanya itu, brand manager sama pentingnya dengan marketing researcher. Brand manager berperan dalam pengelolaan, pengembangan dan pemasaran merek dagang. Brand manager juga mengawasi segala aspek dalam produk mulai dari desain hingga promosi.

    1. Akademisi/Dosen

    Akademisi atau dosen bisa jadi salah satu karir pilihan terutama yang senang dalam dunia pendidikan.

    Jadi, itu tadi beberapa prospek karir program studi manajemen pemasaran. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan terutama bagi mahasiswa baru yang hendak melanjutkan studi di perguruan tinggi. Terutama bagi teman-teman yang bingung terhadap prospek karir ke depan. Semoga membantu dan tetap semangat, Voks!

    BACA JUGA: Antusias Super Team HIMA K3 Saat Menghadiri Upgrading II

    ***

    Penulis : Ani Rahmawati Kusumaningrum

    Editor: Puspa Anggun Pertiwi

    Share Media Sosmed

    Pilihan Kategori

    Name Link
    Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
    Panduan Prosedur Peliputan
    Panduan Penulisan Artikel

    Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!