VOKASI UNAIR

Pembagian Tanaman Sansevieria oleh Mahasiswa D-III Keperawatan Dalam Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia

Pemberian Tanaman Sansevieria D3 Keperawatan - poppy yulia

VOKASI NEWS – Mahasiswa PKL Komunitas Program Studi D-III Keperawatan kelompok 2 menyelenggarakan kegiatan pembagian 30 tanaman sansevieria (lidah mertua). Berlangsung pada tanggal 28 November 2023, kegiatan tersebut dilakukan di RT 02/RW 01, Dusun Dahan Rejo Lor, Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. 

Pembagian tanaman sansevieria itu dilakukan guna memperingati “Hari Menanam Pohon Indonesia”. Adapun dalam kegiatan itu telah dihadiri oleh warga RT 02/RW 01, Dusun Dahan Rejo Lor, mahasiswa kelompok 2 D-III Keperawatan, serta ketua RT 02/RW 01 selaku koordinator kegiatan pembagian tanaman sansevieria.

Manfaat Tanaman Sansevieria Bagi Lingkungan

Program ini tidak hanya sekedar aksi pemberian tanaman sansevieria, tetapi juga melibatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Masyarakat dihimbau untuk merawat tanaman yang sudah diberikan.

Salah satu inti dari kegiatan pembagian tanaman sansevieria (lidah mertua) adalah aksi pembagian tanaman sansevieria yang memiliki peran penting bagi lingkungan. Salah satunya yaitu berperan penting dalam menyerap polusi atau mengurangi gas karbondioksida (CO2), memproduksi oksigen, dan menyerap radiasi. 

Apalagi jika di rumah terdapat keluarga perokok, sangat cocok jika tanaman ini ada di halaman sekitar rumah. Selain itu, di Gresik sendiri cukup banyak pabrik dan kendaraan, untuk mengantisipasi terjadinya polusi udara maka perlu dilakukan penanaman sansevieria.

Peneliti dari Universitas Naresuan, Thailand, mengatakan bahwa lidah mertua dapat menyerap karbon dioksida sebanyak 0,49 ppm/m3 di dalam ruangan tertutup. Selain karbon dioksida, di malam hari, lidah mertua juga dapat menyerap formaldehida, xylene, benzena dan trichlorethylene.

Manfaat Program Bagi Masyarakat, Lingkungan dan Mahasiswa

Selain bermanfaat langsung bagi lingkungan, pemberian tanaman sansevieria juga memberikan ruang bagi mahasiswa kelompok 2 untuk berinteraksi. Peserta yang terdiri dari mahasiswa kelompok 2 dan ketua RT, secara bergotong-royong menanam sansevieria dan membagikan kepada warga. Melalui kegiatan ini, tercipta ikatan antara mahasiswa, ketua RT, dan warga dalam semangat gotong-royong untuk kebaikan bersama.

Program ini tidak hanya memberikan dampak positif langsung pada lingkungan, tetapi juga menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk peduli terhadap kesehatan. Melalui media sosial, diharapkan dapat menjadi contoh kegiatan positif yang dapat diadopsi oleh komunitas lain.

Pembagian tanaman sansevieria (lidah mertua) adalah bukti nyata bahwa mahasiswa Kelompok 2 Program Studi D-III Keperawatan bukan hanya sekedar PKL, tetapi juga menciptakan individu yang peduli terhadap kesehatan lingkungan dan masyarakat sekitar. Program ini mencerminkan semangat kebersamaan dalam upaya menjaga kesehatan lingkungan.

BACA JUGA: Siap Berkompetisi di Dunia Kerja Bersama EDSO Workshop 2023

***

Penulis : Poppy Yulia F.P. – D3 Keperawatan

Editor: Puspa Anggun Pertiwi

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!